Thursday 8 February 2018

ANGKUTAN TRADISIONAL DI INDONESIA

ANGKUTAN TRADISIONAL DI INDONESIA
1.   DELMAN



Transportasi ini menggunakan Kuda sebagai penggeraknya, Nama kendaraan ini berasal dari nama penemunya, yaitu Charles Theodore Deeleman, seorang litografer dan insinyur pada masa Hindia Belanda.
Orang Belanda menyebut kendaraan ini dengan nama dos-à-dos, yaitu sejenis kereta yang posisi duduk penumpangnya saling memunggungi.

 Istilah dos-à-dos ini kemudian oleh penduduk pribumi Batavia disingkat lagi menjadi 'sado', Di propinsi indonesia lainnya, Delman memiliki nama seperti Andong, yang memiliki roda empat. Di Jakarta, penamaan andong disebut sebagai ebro yang diambil dari singkatan Eerste Bataviasche Rijtuig Onderneming yang berarti Perusahaan Kereta Pertama di Jakarta.


2.     BECAK


Becak adalah suatu moda transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia . Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi.


Di Indonesia ada dua jenis becak yang lazim digunakan:
  • Becak dengan pengemudi di belakang. Jenis ini biasanya ada di Jawa.
  • Becak dengan pengemudi di samping. Jenis ini biasanya ditemukan di Sumatra.
3.   BENTOR


Bentor adalah kendaraan khas masyarakat Gorontalo. Ide kendaraan ini adalah becak yang di beri sepeda motor di bagian belakangnya. Motor yang digunakan adalah motor jenis bebek. Bentor sudah beroperasi secara ilegal di Makasar, Kotamobago, Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara, Luwuk di Sulawesi Tengah.

Bentor disenangi oleh masyarakat karena dapat sampai di tujuan dalam waktu yang singkat serta dapat dimuati oleh 2 orang tetapi sering juga terjadi diisi 3 orang bahkan sampai 5 orang dengan dua penumpang membonceng di belakang pengemudi.


4.    ANGKOT PADANG


Angkutan kota atau yang lebih dikenal dengan ANGKOT adalah sebuah moda transportasi perkotaan dengan rute yang sudah ditentukan. Tidak seperti bus yang mempunyai halte sebagai tempat perhentian yang sudah ditentukan, angkutan kota dapat berhenti untuk menaikkan atau menurunkan penumpang di mana saja. 
  
 ANGKOT PADANG adalah angkutan umum yang hanya ada di Sumatera barat, Angkot padang memiliki ciri khas yakni sopir angkot yang didominasi anak muda, memodifikasi angkotnya.

Suspensi diceperkan, ban racing, dan penuh dengan tempelan-tempelan serta memiliki sound audio yang sangat berkualitas. Tidak mengherankan jika Angkot adalah primadona Propinsi Sumatera Barat, tidak lengkap kalau berkunjung ke sumatera barat belum menaiki angkot padang.

5.   OJEG 



Ojeg adalah transportasi umum yang ada di seluruh Indonesia yang berupa sepeda motor namun lebih lazim berupa sepeda motor.  Penumpang biasanya satu orang namun kadang bisa berdua. Dengan harga yang ditentukan dengan tawar menawar dengan abang ojeg terlebih dahulu setelah itu abang ojeg akan mengantar ke tujuan yang diinginkan penumpangnya.

Ojeg ada di seluruh Indonesia Karena kelebihannya dengan angkutan lain yaitu lebih cepat dan dapat melewati sela-sela kemacetan di kota. Selain itu dapat menjangkau daerah-daerah dengan gang-gang yang sempit dan sulit dilalui oleh mobil. Biasanya ojeg berada di persimpangan jalan yang ramai, atau di jalan masuk kawasan permukiman.

6.    PEDATI




Pedati adalah sebuah kendaraan atau alat yang memiliki dua atau empat buah roda yang digunakan sebagai sarana transportasi mengangkut orang, maupun mengangkut barang-barang. Pedati dapat ditarik oleh hewan seperti kuda, sapi, kambing, zebu. Pedati umumnya ada di wilayah pedesaan indonesia.


7.    BECAK MOTOR


Becak mesin adalah istilah yang digunakan di Sumatera utara untuk becak yang digerakkan dengan mesin, disebut juga sebagai becak motor. Becak mesin ini merupakan moda transportasi yang sangat populer di sumatera utara untuk perjalanan dari pintu ke pintu (door to door service).


8.    CIDOMO


Cidomo atau kadang disebut Cimodok adalah alat transportasi tenaga kuda khas pulau Lombok, secara fisik kendaraan ini mirip dengan delman atau andong yang terdapat di pulau Jawa Perbedaan utamanya dengan delman atau andong adalah alih-alih menggunakan roda kayu, cidomo menggunakan roda mobil bekas sebagai rodanya.
  
 Sampai saat ini alat transportasi ini masih menjadi sarana utama transportasi terutama pada daerah-daerah yang tidak dijangkau oleh angkutan publik dan daerah-daerah sentra ekonomi rakyat seperti pasar.


9.    DOKAR YOGYA


Dokar  merupakan salah satu alat transportasi tradisional. Dokar berbeda dengan andong. Dokar hanya mempunyai dua roda dan ditarik oleh satu kuda, sedangkan andong mempunyai roda empat yang bisa ditarik satu atau dua kuda.
  
 Keberadaan dokar sebagai salah satu warisan budaya Jawa memberikan ciri khas tersendiri di tempat-tempat wisata, seperti Parangtritis, Alun-alun Kidul Yogyakarta Indonesia dan Malioboro yogya.

  
10.   OJEK SEPEDA

  
Ojek sepeda, adalah primadona transportasi indonesia sejak tahun tujuh puluhan. Dahulu transportasi yang satu ini digunakan sebagai alat transportasi utama, tapi di era milenium seperti saat ini mulai dilupakan.

Untuk saat ini, transportasi yang unik dan jarang ditemukan, dapat di nikmati di Terminal Tanjung Priuk atau di perempatan Stasiun KA Jakarta Kota (Beos) serta kawasan gang-gang sempit di indonesia.


11. PERAHU


 Perahu adalah salah satu alat transportasi air yang banyak digunakan oleh masyarakat yang tinggal di dekat sungai atau laut. Di Indonesia sendiri, perahu banyak dijumpai di Kalimantan. Masyarakat di Pulau Kalimantan menggunakan perahu sebagai alat transportasi utama karena sebagian besar daerah di Pulau Kalimantan dikelilingi oleh sungai. Semua aktivitas masyarakat dilakukan diatas sungai. Pasar Apung, yaitu salah satu jenis pasar yang terkenal di Kalimantan, melakukan aktivitas jual beli di atas sungai. Sebagai media bertransaksi, penjual dan pembeli menggunakan perahu sebagai alat untuk transaksi jual beli sekaligus sebagai alat transportasi.

No comments:

Post a Comment

NASKAH DRAMA BAHASA JAWA ANDE ANDE LUMUT

Naskah Drama Ande-Ande Lumut 1.  Tema   : Golek Garwa 2.  Cerita apa  : Ande-ande Lumut 3 .  Ceritane kaya piye   : Panji Asmar...