Wednesday 7 February 2018

MAKALAH TENTANG BERITA

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Menurut kamus bahasa Indonesia, berita adalah pengumuman, pemberitahuan, maklumat keterangan tentang peristiwa yang hangat, kabar, cerita tentang kejadian yang masih baru. Tentunya dalam mengekspos suatu berita berita memerlukan suatu proses dan kerja keras.
Dengan berita kita dapat mengetahui tentang suatu informasi tentang perkembangan pengetahuan dan kejadian - kejadian yang sedang terjadi dan sebagainya.
Melalui makalah ini, kami mencoba untuk mendiskripsikan tentang jenis – jenis berita. Sehingga setiap siswa dapat mengetahui dan dapat menambah pengetahuan lebih banyak tentang apa itu berita  baik dari segi bentuk maupun jenisnya.

B. Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah mengetahui jenis-jenis berita

C. Rumusan Makalah
Masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah
1. Apa saja contoh berita is it true?
1. Apa saja contoh berita is it hurtfull?







BAB II
PEMBAHASAN

A.  BERITA IS IT TRUE?
1.      BERITA BENAR
Terungkap Fakta Mengejutkan Dibalik Perampokan di Pondok Indah !
Awi telah mengungkap ada empat fakta yang mengejutkan terkait dengan percobaan perampokan di Pondok Indah tersebut. berikut adalah fakta tersebut :
·         Perampokan direncanakan di hotel
Kasus perampokan ini telah ditangani oleh Reserse Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Selatan. Berdasarkan hasil dari penyelidikan, polisi telah mendapatkan informasi bahwa para perampok tersebut sempat bertemu di sebuah hotel di Jakarta Selatan sebelum melancarkan aksinya.
·         Perampokan ini sudah direncanakan sebulan sebelumnya
Sehari sebelum menyelinap di rumah korban, mereka sempat berkumpul dengan komplotannya untuk membahas skenario perampokan di hotel.
·         AJS memkai pistol mirip dengan James Bond.
Polisi telah berhasil menyita senjata api laras pendek berjenis walter. Selain itu ada juga beberapa butir peluru AK 43 kaliber 7,65 dan juga peredam bunyi letusan.
·         Pelaku mengaku bahwa dirinya pernah menjadi pengawal korban.
Salah satu perampok yang diduga sebagai aktor intelektual dari perampokan tersebut yakni AJS mengaku bahwa dirinya kenal dengan korbannya. Fakta yang hingga saat ini masih dicari kebenarannya oleh polisi ini adalah pengakuan AJS yang pernah mengawal korban selama lima bulan semasa masih menjabat di Exxon Mobil.



2.      BERITA TIDAK BENAR
UFO Melancong di Bali Selama Satu Jam

Pada 7 Juni 2011, Kompas.com memberitakan "UFO 'Melancong' ke Bali Selama Satu Jam". Menurut saksi mata, benda itu terlihat seperti pesawat yang diam, tidak bergerak, hanya melayang di udara. Di bagian bawah pesawat ada banyak lampu yang menyala sangat terang, lihat foto di atas. Penampakan UFO itu berhasil diabadikan melalui kamera seluler.
Sayangnya, peristiwa tersebut terjadi pada malam hari. Gambar yang berhasil diambil hanya memperlihatkan lampu-lampu yang dikatakan berada di bagian bawah UFO tersebut. Sementara badannya sendiri tak terlalu jelas terlihat. Benarkah itu pesawat UFO?Dengan cara sederhana, seorang blogger berhasil membuktikan bahwa foto itu adalah berita hoax dan bukanlah pesawat UFO. Dengan mengatur kontras foto tersebut, maka terlihatlah apa yang ada di foto itu sesungguhnya.
Ya, foto itu terlihat seperti sebuah lanskap darat. Di atas tiga cahaya di tengah, kita bisa melihat bagian gelap bersisi rata yang terlihat seperti atap bangunan. Di bagian kiri bawah terlihat adanya garis putih mirip seperti yang ada pada jalan raya.

B. BERITA IS IT HURTFULL?
1. BERITA MENYAKITKAN

Obama Akui Upaya Penghematan Yunani 'Menyakitkan'
Presiden AS Barack Obama hari Selasa (15/11) mengakui rakyat Yunani mengalami “ masa yang sulit dan menyakitkan” akibat krisis ekonomi negara itu.
Presiden Amerika Barack Obama berbicara pada konferensi pers bersama Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras pada lawatan terakhirnya ke luar negeri sebagai presiden.
Obama mendesak Eropa untuk memberikan keringanan hutang Yunani selagi negara itu melanjutkan pemulihan ekonominya.
Ia mengatakan reformasi yang dilaksanakan oleh pemerintah Yunani tidak mudah namun diperlukan dan akan membuat perekonomian negara itu lebih mampu bersaing dalam jangka panjang.

2. BERITA TIDAK MENYAKITKAN
Dubes India Baru: Indonesia Negara yang Menyenangkan

Duta Besar India untuk Indonesia yang baru Nengcha Lhouvum Mukhopadhaya menyebut Indonesia sebagai negara yang menyenangkan dan indah.
"Saya sudah berada di sini tiga pekan dan saya menikmati setiap saat. Indonesia adalah negara yang cantik, indah, dan menyenangkan. Semua orang bersikap baik," katanya di sela-sela malam budaya dan penyambutan dirinya sebagai Duta Besar India untuk Indonesia yang baru di Jakarta, Rabu (17/2).
Dia mengagumi Indonesia yang memiliki keanekaragaman seperti budaya dan sumber daya alam. "Indonesia sangat diberkati karena memiliki begitu banyak sumber daya alam dan itu menyenangkan bagi saya berada di sini," ujarnya.
BAB III
PENUTUP

A.      KESIMPULAN
       Berita ialah laporan terkini tentang fakta atau pendapat yang penting atau menarik bagi khalayak dan disebarluaskan melalui media massa.Waktu sangat berarti atau sangat diperlukan dalam proses penyebaran atau penyampaian berita.Selain waktu Kejadian atau peristiwa yang menarik juga sangat berita untuk menarik perhatian khalayak ramai untuk mengetahui tentang berita tersebut.Dan terakhir laporan maksudnya disini bagaimana cara penyampain atau menampilkan berita tersebut kepada khalayk ramai untuk menarik ketertarikan khalayak pada berita tersebut.
Jenis-jenis berita antara lain :
1.      Berita is it true?
a.    Berita benar
b.    Berita tidak ebnar
2.      Berita is it hurtfull?
a.    Berita menyenangkan
b.    Berita tidak menyenangkan

B.       SARAN
       Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan details dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber - sumber yang lebih banyak yang tentunga dapat di pertanggung jawabkan.

Untuk saran bisa berisi kritik atau saran terhadap penulisan juga bisa untuk menanggapi terhadap kesimpulan dari bahasan makalah yang telah di jelaskan.


No comments:

Post a Comment

NASKAH DRAMA BAHASA JAWA ANDE ANDE LUMUT

Naskah Drama Ande-Ande Lumut 1.  Tema   : Golek Garwa 2.  Cerita apa  : Ande-ande Lumut 3 .  Ceritane kaya piye   : Panji Asmar...