Saturday 15 October 2016

Laporan Perjalanan Study Tour

Contoh Laporan Perjalanan Study Tour

BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar belakang
Setelah mengikuti Ulangan Tengah Semester II, siswa kelas VIII melaksanakan Widya Wisata SMP Negeri 3 Randudongkal ke Jakarta pada Tahun Pelajaranjaran  2013/2014 yang hasilnya nanti untuk melengkapi tugas laporan. Kegiatan tersebut di laksanakan pada tanggal 12 Maret – 13 Maret 2014 dengan menuju ke tempat-tempat khusus objek wisata, antara lain :
Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Dufan, Ancol, dan ITC.
B.            Nama Kegiatan
Nama kegiatan “Widya Wisata Jakarta Tour” SMP Negeri 3 Randudongkal tahun 2013/2014.
C.           Tujuan Kegiatan
1.      Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa
2.      Menambah dan meningkatkan pengetahuan/wawasan tentang nila-inilai religious sejarah,teknologi,dan ilmu pengetahuan
3.      Meningkatkan aspresiasi dan kreasi siswa
4.      Meningkatkan rasa cinta tanah air dan budaya bangsa dan
5.      Memberikan pengalaman baru bagi para siswa
D.           Manfaat Kegiatan
1.      Agar siswa dapat menemukan ilmu di luar sekolah
2.      Agar siswa dapat mengetahui tentang format laporan perjalanan
E.            Waktu dan tempat Wisata
a.       Waktu
Widya Wisata dimulai pada Rabu sore sampai Juma’at Siang pada tanggal 12-14 Maret 2014 Pukul 12.30 WIB
b.      Tempat Wisata
ü  Monumen Pancasila Sakti
ü  Lubang Buaya
ü  Dufan
ü  Ancol
ü  ITC
F.            Peserta
Seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Randudongkal didampingi Bapak/Ibu Guru SMP Negeri 3 Randudongkal.



BAB II
PELAKSANAAN

A.           Persiapan Pemberangkatan
Pada hari Rabu, 12 Maret 2014 Pukul 14.00 WIB kami seluruh siswa kelas VIII yang mengikuti Widya Wisata Jakarta Tour berkumpul dihalaman depan SMP Negeri 3 Randudongkal untuk menerima pengarahan dari Panitia. Persiapan dari rumah antara lain beberapa pakaian, jaket, makanan ringan dan yang tidak kalah pentingnya adalah kondisi kesehatan kami, dan kami pun pulang kerumah masing-masing untuk mepersiapkan keberangkatan. Setelah pukul 14.00 WIB dan berkumpul di SMP Negeri 3 Randudongkal untuk berdoa bersama agar selama perjalanan tidak ada halangan apapun selamat sampai kembali ke rumah masing-masing.

B.            Perjalanan Menuju Lokasi
Kami pun berangkat dan bus melaju dari kecepatan rendah. Didalam perjalanan kami melewati kota-kota besar seperti Kota pemalang, Kota Tegal, Kota Cirebon dll. Ketika di perjalanan kami tidur, sampai tujuan kami langsung melaksanakan bersih diri, sholat subuh dan makan pagi.

C.           Objek Wisata
1.      Monumen Pancasila Sakti dan Lubang Buaya
Di Lubang buaya terdapat sumur maut, yaitu sumur yang merupakan tempat diletakkannya tujuh jenazah jenderal yang dilakukan oleh PKI yang sering dikenal dengan Penghianatan Komunis G 30 September PKI (G 30 S PKI). Lubang buaya yang merupakan sumur maut yang digunakan PKI berdiameter 75 cm sedalam 12 meter untuk mengubur tujuh jenazah pahlawan revolusi pada tanggal 1 Oktober 1965. Lubang Buaya adalah sebuah tempat di kawasan Pondok GedeJakarta yang menjadi tempat pembuangan para korban Gerakan 30 September pada 30 September 1965.
Nama Lubang Buaya sendiri berasal dari sebuah legenda yang menyatakan bahwa ada buaya-buaya putih di sungai yang terletak di dekat kawasan itu. Lubang buaya terdapat patung elang dan patung pahlawan, patung elang itu sangat besar. di Lubang buaya juga terdapat rumah yang di dalamnya ketujuh pahlawan revolusi disiksa dan dibunuh. Terdapat mobil yang digunakan untuk mengangkut orang orang. Monumen ini dibangun di atas lahan seluas 9 Hektar, atas prakarsa Presiden ke-2 RI, Soeharto. Dibangun untuk mengingat perjuangan para Pahlawan Revolusi yang berjuang mempertahankan ideologi negara Republik Indonesia. Monumen ini terletak Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung,  Jakarta Timur

2.      Dufan
Dunia Fantasi yang dibuka untuk umum pada 29 Agustus 1985, dan popular dengan sebutan Dufan, merupakan theme park pertama yang dikembangkan oleh Ancol. Dufan merupakan pusat hiburan outdoor terbesar di Indonesia yang memanjakan pengunjung dengan Fantasi Keliling Dunia, melalui berbagai content wahana permainan berteknologi tinggi, yang terbagi dalam 8 kawasan, yaitu: Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat dan Balada Kera. Perseroan juga menjadikan Dufan sebagai salah satu pusat edutainment yang ada di Ancol yakni dengan dibukanya Fisika Dunia Fantasi (Fidufa) dan Pentas Prestasi. Dufan telah memiliki sertifikat ISO 9001:2008 sejak 2009.
Program Edutainment Fisika di Dufan merupakan program untuk mempermudah siswa SD hingga SMA memahami fisika yang merupakan hasil kerja sama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Universitas Indonesia dan Departemen Pendidikan Nasional. Sarana ini diluncurkan di pentas Prestasi, pada 24 Agustus 2008. 
 Dunia Fantasi dibuka untuk umum 29 Agustus 1985, populer dengan sebutan "Dufan", adalah theme park pertama yang dikembangkan oleh Ancol, merupakan pusat hiburan terbesar di Indonesia mengajak pengunjung ber - Fantasi Keliling Dunia, dengan menampilkan wahana - wahana permainan berteknologi tinggi, terbagi kedalam 8 tema kawasan, yaitu : Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat dan Balada Kera.
Ingin merasakan terlontar seketika ke angkasa bak para astronot melesat dengan roket menuju ruang angkasa sehingga adrenalin pun terpicu. HYSTERIA, wahana andalan Dunia Fantasi yang akan membuat pengunjung histeris bak melesat di udara.





3.      Ancol
Gelanggang Samudra Ancol merupakans ebuah oseanarium atau oceanarium. Oseanarium merupakan taman mamalia laut dan mahluk laut lainnya. Selain menikmati rekreasi bersama keluarga, di sini Anda akan mendapatkan berbagai pengetahuan yang menarik mengenai mamalia laut seperti lumba-lumba, paus, singa laut, dan binatang laut lainnya. Gelanggang Samudra Ancol juga menjadi sarana konservasi satwa laut.
Ada 4 wahana utama yang terdapat di Gelanggang Samudra, Ancol. Pertama, adalah wahana pertunjukan Aneka Satwa, wahana pertunjukan Singa Laut, wahana pertunjukan Lumba-Lumba dan Paus Putih, serta wahana Sinema 4D atau 4D Theatre. Dalam 1 hari ada 3 kali pementasan untuk masing-masing wahana, atau di hari libur akan ditambahkan jumlah pementasan untuk setiap wahana. Agar tidak terlewat, Anda dapat melihat jam pertunjukan yang ada di depan wahana. Setelah selesai menyaksikan satu pertunjukan, petugas akan menganjurkan Anda untuk menyaksikan perunjukan berikutnya. Bila Anda ingin menyaksikan semua pertunjukan, sebaiknya mengikuti petunjuk tersebut agar Anda tidak tertinggal sehingga harus menunggu lebih lama.
 Pertunjukan paling awal, Anda dapat menyaksikan pentas aneka satwa. Pertunjukan akan dimulai dengan aksi dari 2 ekor berang-berang. Mereka akan beraksi dengan berjalan di atas lingkaran yang menyerupai roda, naik sepeda, berjualan bakso dan bermain basket. Selanjutnya, akan tampil beruang madu yang beraksi dengan berputar, menangkap hula hup, mengendarai mobil dan berolahraga. Kehadiran kuda nil besar yang diiringi dengan musik Jawa merupakan bagian terakhir.
Menurut pelatihnya, berat badan kuda nil ini lebih dari 1 ton. Pelatih akan memberikan makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan dalam jumlah banyak sekaligus. Kuda nil yang membuka mulut besarnya sambil mengunyah makanan menjadi penutup pertunjukan. Tingkah dari satwa-satwa tersebut akan membuat Anda dan anak-anak tertawa karena ditambah komentar dari pengisi suara yang lucu dan cocok dengan tingkah satwa

4.      ITC CEMPAKA MAS
Selanjutnya sebelum pulang menuju taikmalaya kami pergi ke pusat perbelanjaan di Jakarta, pukul 19.30 rombongan sampai di ITC Cempaka Mas. ITC Cempaka Mas merupakan obyek wisata pusat perbelanjaan/mall terbesar di Jakarta, disini kami membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari yang disajikan secara lengkap dan menarik namun, karena barang-barang yang di jual disini mahal-mahal. Jadi banyak siswa yang hanya sekedar melihat-lihat saja. Kami hanya diberi waktu sampai pukul 21.00 akhirnya rombongan langsung pergi dan meninggalkan lokasi menuju rumah. Perjalan pulang ke rumah terasa lama sekali akibat jalan yang rusak ditambah macet kendaraan sehingga kendaraan berjalan relatif lambat.
Namun Alhamdulillah rombongan bisa selamat sampai tujuan meskipun tiba di SMP N 3 Randudongkal jam 12.30. Pengalaman study tour ini sangat berkesan dan menambah wawasan mengenai objek wisata di Jakarta.




BAB II
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Kota Jakarta adalah kota yang banyak mengandung sejarah. Disana banyak terdapat tempat wisata. Maka dari itu apabila kita berwisata ke Jakarta sebaiknya kita tidak boleh hanya bersenang-senang saja. Kita juga harus mengetahui sejarah tentang tempat tersebut. Terlebih apabila kita pergi ke museum, kita dapat melihat benda-benda bersejarah, dari situ kita dapat mengetahui peristiwa masa lalu.

B.     Saran
1.      Sebaiknya sebagai wisatawan kita tidak boleh berbuat seenaknya ditempat yang belum pernah kita kunjungi karena itu akan menimbulkan kerugian bagi diri kita sendiri dan orang lain.
2.      Sebainnya sebagia murid yang baik kita harus melestarikan dan mengembangkan budaya kita sendiri, bukan sebaliknya.
3.      Didalam perjalanan ini sebaiknya kita banyak bertanya orang-orang yang lebih mengenal atau lebih mengetahui daerah yang kita kunjungi.
                                                                                                                      
C.     Pesan dan Kesan
1.      Lestarikan budaya bagsa Indonesia.
2.      Kunjungilah tempat-tempat wisata agar tambah pengetahuan.
3.      Jadikanlah dirimu pelopor bangsa dan negerimu.
4.      Lestarikan kekayaan alam di Indonesia

Demikianlah Kesimpulan dan saran dalam pembuatan karya tulis ini. Dalam pembuatan karya tulis ini banyak sekali kekurangan-kekurangan, untuk itu  penulis sebagai manusia biasa mohon maaf atas segala keurangan dan kekhilafan. Semoga laporan perjalanan ini bermanfaat bagi kita kita

1 comment:

NASKAH DRAMA BAHASA JAWA ANDE ANDE LUMUT

Naskah Drama Ande-Ande Lumut 1.  Tema   : Golek Garwa 2.  Cerita apa  : Ande-ande Lumut 3 .  Ceritane kaya piye   : Panji Asmar...