Saturday 15 October 2016

Laporran hasil wawancara

LAPORAN HASIL WAWANCARA







DISUSUN OLEH :
1.   Fajar.
2.    DIDI 
3.    HERU SIYAMUL. A.
4.    RALUNG CHANDRA. A.

KELAS : X.4
TUGAS BAHASA INDONESIA




SMA NEGERI 1 RANDUDONGKAL
Jalan Lapangan Olahraga No 1 Randudongkal 52353

2016

1.      IDENTITAS NARASUMBER
NAMA                                          : ENDANG SOEKAMTI
T  / T / L                                        : ATAMBUA, 03 - 11 – 1968
ALAMAT                                     : DESA  KECEPIT
PEKERJAAN                               :GURU GEOGRAFI
PENDIDIKAN TERTINGGI      : S2

2.      HASIL WAWANCARA
PEWAWANCARA   : “Assalamualaikum, selamat siang pak. Maaf  mengganggu waktu bapak. Sebelumnya kami berterimakasih banak atas ketersediaan bapak untuk berkenan kani wawancara”.
NARA SUMBER      : “Waalaikum salam, iya sama – sama!”.
PEWAWANCARA   : “Makasih pak, Kami akan mewanwancarai Bapak tentang Pembelajaran Geografi”.
NARA SUMBER      : Iya, silahkan”.
PEWANWANCARA     : “Mengapa Bapak memilih mengajar mata pelajaran Geografi. Padahal kan banyak mata pelajaran yang lain”.
NARA SUMBER      :”Ya, saya memilih mengajar mata pelajaran Geografi disamping saya senang dengan mata pelajaran Geografi, tetapi juga dengan mengambil bidang mata pelajaran geografi, saya dapat mengetahui tentang struktur – struktur bumi, letak – letak geografis dan gejala – gejala alam di muka bumi ini. Sehingga dengan saya mengetahui hal tersebut dapat menambah wawasan tentang ilmu – ilmu geografi yang sangat luas. Banyak sekali manfaat – manfaat mempelajari ilmu geografi itu”.
PEWAWANCARA   : ”Oh jadi begitu”.
NARA SUMBER      : ”Iya kurang lebihnya seperti itu”.
PEWAWANCARA   : “Lalu sejak kapan Bapak mengajar mata pelajaran geografi. Dan sebelumnya Bapak mengajar dimana sebelum pindah ke SMA NEGERI 1 RANDUDONGKAL?”.
NARA SUMBER      : “Saya pertama mengajar mata pelajaran geografi kira – kira pada tahun 1992. Dan waktu itu pada tahun 1992 saya mengajar di SMA 3 BENGKULU”.
PEWAWANCARA   : “Mengapa Bapak pindah ke SMA NEGERI 1 RANDUDONGKAL, alannya apa, Pak?”
NARA SUMBER      : “Saya pindah ke SMA ini karena saya ingin dekat dengan orang tua, dan juga karena pada saat saya mengajar di SMAN 3 BENGKULU, alat transportasinya sulit untuk dicari. Sehingga dengan hal itu, saya memutuskan untuk pindah ke SMA sini”.
PEWAWANCARA   : “Jadi Bapak pindah kesini karena faktor orang tua dan alat transportasi?”
NARA SUMBER      : “Iya”.
PEWAWANCARA   : “Dalam mengajar mata pelajaran Geografi kesulitan apa yang Bapak alami?”
NARA SUMBER      : “Dalam mengajar mata pelajaran Geografi tidak hanya menerangkan secara lisan dan pasif tetapi juga dengan menerangkan metode praktek. Hal tersebut dikarenakan dalam metode praktek harus dilaksanakan atau dikerjakan di ruang lab Geografi, sedangkan di sisi lai jarak antara kelas dan ruang lab Geografi lumayan jauh, sehingga dapat mengurangi waktu jam pelajaran. Padahal dalam metode praktek tersebut sangat membutuhkan waktu yang cukup”.
PEWAWANCARA   : “Menurut Bapak metode yang dapat membuahkan hasil yang baik itu metode apa? Apakah metode paasif ataukah metode akif?”
NARA SUMBER      : “Menurut saya metode yang dapat membuahkan hasil adalah metode aktif dan metode praktek. Karena dengan metode tersebut siswa – siswi dapat turun tangan langsung untuk mengerjakan suatu tes atau pekerjaan, sehingga dengan hal itu siswa dapat mengetahui, memahami bagaimana tahapan – tahapan, proses demi proses suatu pekerjaan secara langsung”.
PEWAWANCARA   : “Lalu usaha apa saja sih yang dapat memudahkan kita untuk memahami suatu materi? Karena menurut kami mata pelajaran geografi itu lumayan sulit untuk kita pelajari”.
NARA SUMBER      : “Sebenarnya mata pelajaran Geografi itu tidak sulit. Tinggal bagaimana saja kita dapat menguasai suatu materi. Sebetulnya tidak banyak usaha untuk kita memahami suatu materi ilmu geografi. Kuncinya Cuma memperhatikan apa yang guru terangkan dan belajar apa yang belum kita pelajari”.
PEWAWANCARA   : “Lalu mennurut Bapak apa sih pentingnya kita mempelajari ilmu geografi?”
NARA SUMBER      : “Sebenarnya tanpa kita sadari bahwa betapa pentingnya ilmu geografi itu bagi kehidupan mahkluk sosial seperti halnya kita mengetahui lapisan dan struktur bumi, struktur batuan, jenis – jenis batuan, hal itu dari apa? Tentunya dari ilmu ilmu geografi karena ilmu geografi itu mencakup semua tentang bumi.”
PEWAWANCARA   : “Apakah ilmu geografi itu berkaitan dengan alam?”
NARA SUMBER      : “Ya. Tentunya iya pasti, karena ilmu geografi sangat berkaitan dengan alam serta gejala – gejala alamnya”.
PEWAWANCARA   : “Lalu dalam ilmu geografi, ilmu penunjang geogrfi itu apa saja pak?”
NARA SUMBER      : “ Manfaatnya banyak sekali, saya sampai saya saja tidak dapat menyebutkan satu per satu. Tapi saya akan memberikan beberapa manfaat ilmu penunjang geografi tersebut yaitu ilmu geomorfologi dimana ilmu tersebut mempelajari tentang bentik muka bumi da proses terjadinya  sehingga dengan hal tersebut kita dapat mengetahui relief-relief muka bumi dan asal muasal proses terbentuknya muka bumi. Lalu ilmu zoologi yang mempelajari tentang hewan dan persebarannya di muka bumi sehingga kita dapat mengetahui jenis hewan berdasarkan habitatnya dan yang terakhir yaitu ilmu sosiologi kita dapa mengetahui pola pergaulan manusia dan masyarakat. Begitulah sekiranya.
PEWAWANCARA   : “Jadi sangat banyak manfaatnya, dan sepertinya sudah cukup pak kami sudah mengetahui banyak informasi seputar ilmu geografi.
                                   Terima kasih pak atas waktu dan kesediaannya”
NARA SUMBER      : “ Iya terima kasih kembali”
PEWAWANCARA   : “Assalamu’alaikum”
NARA SUMBER      : “Wassalamu’alaikum”




No comments:

Post a Comment

NASKAH DRAMA BAHASA JAWA ANDE ANDE LUMUT

Naskah Drama Ande-Ande Lumut 1.  Tema   : Golek Garwa 2.  Cerita apa  : Ande-ande Lumut 3 .  Ceritane kaya piye   : Panji Asmar...