Saturday, 15 October 2016

Tugas Persamaan Kuadrat dan Fungsi Kuadrat

Persamaan Kuadrat dan Fungsi  Kuadrat
A.      Persamaan Kuadrat
Persamaan kuadrat dalam x mempunyai bentuk umum:
ax2 + bx + c = 0 , a ¹ 0                   a, b dan c adalah bilangan real.
1. Menyelesaikan Persamaan kuadrat
Persamaan kuadrat dapat diselesaikan dengan beberapa cara, yaitu dengan:
a)       memfaktorkan,
b)       melengkapkan kuadrat sempurna,
c)       menggunakan rumus.
        A. Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan memfaktorkan
ax2 + bx + c = 0   dapat dinyatakan menjadi a (xx1) (xx2) = 0.
Nilai x1 dan x2 disebut akar-akar (penyelesaian) persamaan kuadrat.
Contoh 1 :
Selesaikan x2 – 4 x + 3 = 0
Jawab:    x2 – 4 x + 3 = 0
(x – 3) (x – 1) = 0
x – 3 = 0   atau    x – 1 = 0
x = 3   atau    x = 1
Jadi, penyelesaian dari x2 – 4 x + 3 = 0 adalah 3 dan 1
Contoh 2 :
Tentukan himpunan penyelesaian dari (x – 2)2 = x – 2.
Jawab:     
    (x – 2)2 = x – 2
x2 – 4 x + 4 =  x – 2
x2 – 5 x + 6 = 0
(x – 3) (x – 2) = 0
x – 3 = 0   atau   x – 2 = 0
x = 3   atau          x = 2
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah {3 , 2}.
b. Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan melengkapkan kuadrat sempurna
Persamaan kuadrat  ax2 + bx + c = 0   dapat diselesaikan dengan mengubahnya menjadi (x + p)2 = q.
Contoh 1:
Tentukan himpunan penyelesaian dari x2 – 6 x + 5 = 0.
Jawab:   x2 – 6 x + 5 = 0
x2 – 6 x + 9 – 4 = 0
x2 – 6 x + 9 = 4
(x – 3)2 = 4
x – 3 = 2  atau x – 3 = –2
x = 5    atau     x = 1
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah{ 1 , 5}.
          c. Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus abc
Rumus penyelesaian persamaan kuadrat a x2 + b x + c = 0 adalah
Contoh :
Tentukan himpunan penyelesaian dari x2 + 7x – 30 = 0.
Jawab:   x2 + 7x – 30 = 0
a = 1  ,  b = 7  ,  c = – 30
x = 3   atau   x = –10
Jadi, himpunan penyelesaiannya adalah {–10 , 3}

B. Jenis jenis persamaan kuadrat
1.      Menentukan nilai diskriminan dari suatu persamaan kuadrat
Dari penyelesaian persamaan kuadrat dengan menggunakan rumus abc yaitu :
x₁,₂ =
Besaran (b²-4ac) dari rumus diatas sangat menentukan jenis dan banyaknya akar persamaan kuadrat. Karena besaran ini dapat membedakan (mendiskriminasikan) jenis akar-akar suatu persamaan kuadrat, maka besaran ini disebut juga dengan Diskriminan (pembeda) dengan simbol D
Dari peryataan diatas dapat disimpulkan Diskriminan dari akar-akar persamaan kuadrat dapat dituliskan dengan :
D = b²-4ac
Contoh :
Tentukan nilai diskriminan dari persamaan kuadrat berikut :
a.       2x² - 2x + 4 = 0
b.      x² +4x – 5 = 0
c.       4x² - 12x + 9 = 0
Penyelesaian :
a.       2x² - 2x + 4 = 0
a= 2,b= -2, c= 4
D=b²-4c
D=(-2)²-4.2.4
               =4 – 24
   = -20
b.      x² +4x – 5 = 0
a= 1,b= 4, c= -5
D=b²-4c
D=4²-4.1.(-5)
=16 + 20 =36
   
c.       4x² - 12x + 9 = 0
a= 4,b= -12, c= 9
D=b²-4c
D=(-12)²-4.4.9
   =144 – 144
   = 0

2.      Menentukan jenis akar-akar persamaan kuadrat dari nilai diskriminan.
       Berdasarkan nilai diskriminannya, jenis-jenis akar persamaan kuadrat dapat dibedakan menjadi :
a.       Jika nilai D>0 maka persamaan kuadrat mempunyai dua akar riil yang berbeda.
1)      Untuk nilai D = b²-4ac berbentuk kuadrat kuadrat sempurna
( D=k² dengan k rasional) maka kedua akar persamaan berikut tersebut adalah rasional.
2)      Untuk nilai D = b²-4ac berbentuk bukan merupakan kuadrat sempurna, maka kedua akar tersebut adalah irrasional.
b.      Jika nilai D=0 maka persamaan kuadrat memiliki dua akar riil yang sama.
c.       Jika D<0 maka persamaan kuadrat tidak mempunyai akar riil atau akar-akarnya merupakan bilangan imajiner.
Contoh :
Tanpa menyelesaiakan persamaan kuadrat terlebih dahulu , tentukan jenis-jenis akar persamaan berikut ini.
a.       2x² - x- 3 = 0
b.      3x² + 5x + 1 = 0
c.       x² - 10x + 25 = 0
d.      4x² - 2x + 2 = 0
Penyelesaian :
a.      2x² - x- 3 = 0
a= 2,b= -1, c= -3
D=b²-4c
D=(-1)²-4.2.(-3)
   =1 + 24
   = 25 (merupakan bentuk kuadrat sempurna)
D>0, maka akar persamaan kuadrat tersebut nyata (riil) berlainan dan rasional
b.      3x² + 5x + 1 = 0
a= 3,b= 5, c= 1
D=b²-4c
D=(5)²-4.3.1
   =25 - 12
   = 13 ( bukan merupakan bentuk kuadrat sempurna)
D>0, maka akar persamaan kuadrat tersebut nyata (riil) berlainan dan irrasional
c.       x² - 10x + 25 = 0
a= 1,b= -10, c= 25
D=b²-4c
D=(-10)²-4.1.25
   =100 - 100
   = 0
D=0, maka akar persamaan kuadrat tersebut nyata dan sama
d.      4x² - 2x + 2 = 0
a= 4,b= -2, c= 2
D=b²-4c
D=(-2)²-4.4.2
   =4 - 32
   = -28
D<0, maka akar persamaan kuadrat tersebut imajiner (tidak nyata)

  C. Rumus Jumlah dan Hasil Kali Akar-akar Persamaan Kuadrat
            Pada kegiatan 1 Anda telah mempelajari bahwa akar-akar persamaan kuadrat axDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG + bx + c = 0, dimana a, b, c Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/elemen.JPGR dan a Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/smdg.JPG0 dapat ditentukan dengan menggunakan rumus kuadrat atau rumus abc sebagai berikut:

 x1 = Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/rumusx1.JPG atau x2 = Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/rumusx2.JPG
Dari rumus di atas, kita dapat menentukan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat axDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG + bx + c = 0 yang dinyatakan dalam koefisien-koefisien a, b, dan c.
a)
Jumlah akar-akar persamaan kuadrat.
x1 + x2
Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/rumusx1.JPGDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/rumusx2.JPG

x1 + x2
Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/x1x2.JPG

x1 + x2
Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a1.JPG

x1 + x2
Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a2.JPG

b)
Hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
x1 . x2
Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/rumusx1.JPGDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/rumusx2.JPG

x1 + x2
Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a3.JPG

x1 + x2
Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a4.JPG

x1 + x2
Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a5.JPG

x1 + x2
= Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a6.JPG
Dari hasil perhitungan di atas, maka diperoleh sifat sebagai berikut:
Jika x1 dan x2 adalah akar-akar persamaan kuadrat ax + bx + c = 0 maka jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat dapat ditentukan dengan rumus:
x1 + x2Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a2.JPG dan x1 . x2 = Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a6.JPG
Contoh 1:
Jika x1 dan x2 adalah akar-akar persamaan kuadrat xDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG – 3x + 2 = 0, maka tanpa harus menyelesaikan persamaannya terlebih dulu, hitunglah:

a.  x1 + x2
b.  x1 . x2
c.  x1Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG + x2Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG
d.  Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a7.JPGDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a8.JPG
Jawab:
xDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG – 3x +2 = 0, berarti a = 1, b = -3, dan c = 2.
a.
x1 + x2Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a2.JPGDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a9.JPG = Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a10.JPG= 3
b.
x1 . x2Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a6.JPG = Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a11.JPG= 2
c.
Untuk menghitung nilai x1Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG + x2Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG kita harus mencarinya terlebih dulu sebagai berikut:
(x1 + x2)Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG
(x
1 + x2)Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG - 2x1.x2
atau x1Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG + x2Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG
= x1Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG + 2x1.x2 + x2Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG
= x
1Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG + x2Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG
= (x
1 + x2)Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG - 2x1.x2
Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a12.JPG

Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/Untitled-1%20copy.gif

= (-4)Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG - 6
= 16 - 6
= 10
d.
Untuk menghitung nilai Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a7.JPGDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a8.JPG kita harus menyamakan penyebutnya terlebih dulu sebagai berikut:

Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a7.JPG+ Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a8.JPG
= Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a13.JPG

Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a14.JPG

= Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a15.JPG

Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a16.JPG

= Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a17.JPG

= Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/mat_2a18.JPG

Contoh 2:
Akar-akar persamaan kuadrat 2xDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG +5x – 6 = 0 adalah p dan q. Tanpa harus menyelesaikan persamaanya terlebih dulu, hitunglah nilai:
a.  p + q
b.  p . q
c.  pDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG + qDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG
d.  Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/k33.gif
e.  (p – q)Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG
Jawab:
2xDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG + 5x – 6 = 0, berarti a = 2, b = 5, dan c = -6.

a.  p + q
= -5/2 = -2Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kb34.gif
b.  p . q = -6/2 = -3
c.  Dari jawaban soal nomer 1 bagian c telah Anda ketahui bahwa:
x1 + x2
pDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG + qDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG
= (x1 + x2)Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG - 2x1.x2
= (p + q)Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG – 2pq

Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kb23.gif

Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/k1.gif

= Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kb1.gif

= Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kb2.gif

Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kb3.gif

= 12Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kb4.gif

d. 
Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kb5.gif (disamakan penyebutnya)

= Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kb6.gif

Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kb7.gif

= Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kb8.gif

Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kb9.gif

= Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kb10.gif

Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kb11.gif

e. (p-q)Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG = pDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG – 2pq +qDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG
= pDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG + qDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG – 2pq

karena pDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG + qDescription: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG
(p – q)Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG
= (p + q)Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG – 2pq, maka:
= (p + q)Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG – 2pq – 2pq
= (p + q)Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kuadrat.JPG – 4pq

Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kb12.gif
Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kb13.gif
Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kb14.gif + 12

= 18 Description: https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_89/Image/kb4.gif


                   Fungsi Kuadrat
1. Pengertian
     Fungsi f pada R yang ditentukan oleh: f(x) = ax2 + bx + c dengan a, b, dan c bilangan real dan  disebut fungsi kuadrat.
Jika f(x) = 0 maka diperoleh persamaan kuadrat  ax2 + bx + c = 0. Nilai-nilai x yang memenuhi persamaan itu disebut nilai pembuat nol fungsi f.
Nilai fungsi f untuk x = p ditulis f(p) = ap2 + bp + c.
Contoh 1:
Ditentukan: f(x) = x2 – 6x – 7
Ditanyakan:
  1. nilai pembuat nol fungsi f
  2. nilai f untuk x = 0 , x = –2
Jawab:
  1. Nilai pembuat nol fungsi f diperoleh jika f(x) = 0
x2 – 6 x – 7 = 0
(x – 7) (x + 1) = 0
x = 7  atau  x = –1
Jadi pembuat nol fungsi f adalah 7  dan –1
  1. Untuk  x = 0   maka f(0) = –7
x = –2  maka f(–2) = (–2)2 – 6 (–2) – 7 = 9
Contoh 2:
Tentukan nilai p agar ruas kanan f(x) = 3 x2 + (p – 1) + 3 merupakan bentuk kuadrat sempurna.
Jawab :
Supaya merupakan suatu kuadrat sempurna, syaratnya D = 0.
D = (p – 1)2 – 4 . 3 . 3 = 0
p2 – 2p – 35 = 0
(p – 7) (p + 5) = 0
p = 7   atau   p = –5
Jadi, agar ruas kanan f(x) merupakan suatu kuadrat sempurna, maka p = 7 atau p = –5.
Periksalah jawaban itu.
2. Nilai Maksimum dan Minimum Fungsi Kuadrat
      Untuk menentukan nilai maksimum/minimum fungsi kuadrat, perhatikan uraian berikut:
1)       f(x) = x2 – 2x – 3
= x2 – 2x + 1 – 4
=(x – 1)2 – 4
Bentuk kuadrat selalu bernilai positif atau nol, maka (x – 1)2 mempunyai nilai paling kecil (minimum) nol untuk x = 1. Dengan demikian (x – 1)2 – 4 mempunyai nilai terkecil 0 – 4 = –4.
Jadi, f(x) = x2 – 2x – 3 mempunyai nilai terkecil (minimum) –4 untuk x = 1.
2)       f(x) = –x2 + 4x + 5
= –x2 + 4x – 4 + 9
= –(x2 – 4x + 4) + 9
= –(x – 2)2 + 9
Nilai terbesar dari – (x – 2)2 sama dengan nol untul x = 2.
Dengan demikan nilai terbesar dari – (x – 2)2 + 9 adalah 0 + 9 = 9.
Jadi, f(x) = –(x – 2)2 + 9 atau f(x) = –x2 + 4x + 5 mempunyai nilai terbesar (maksimum) 9 untuk x = 2.
Sekarang perhatikan bentuk umum  f(x) = ax2 + bx + c
Dengan uraian di atas, diperoleh:
Fungsi kuadrat f(x) = a x2 + b x + c
Untuk a > 0, f mempunyai nilai minimum  untuk
Untuk a < 0, f mempunyai nilai maksimum  untuk
Contoh:
Tentukan nilai minimum fungsi f(x) = 2x2 + 4x + 7
Jawab:
f(x) = 2x2 + 4x + 7  ,  a = 2  ,  b = 4  , c = 7
Nilai minimum fungsi f =5
Contoh:
Buatlah sketsa grafik y = x2 – 2x – 3  untuk x e R.
Jawab:
Titik potong dengan sumbu-X diperoleh jika y = 0.
x2 – 2x – 3 = 0
(x – 3) (x + 1) = 0
x = 3   dan  x = –1
Koordinat titik potongnya adalah : A(3 , 0) dan B(–1 , 0)
Titik potong dengan sumbu-Y diperoleh jika x = 0
y = 0 – 0 – 3 = – 3
Koordinat titik potongnya C(0 , –3)
Sumbu simetri, garis
Titik puncak  ® D(1 , –4)
Hubungkan titik-titik A, B, C, dan D serta perhalus, sehingga diperoleh grafik  fungsi
y = x3 – 2x – 3.
Jadi, fungsi kuadratnya adalah y = –3x2 + 6x.
Cara menyelesaikan fungsi kuadrat dan grafik nya
           Langkah langkah menggambar grafik y = ax2 + bx +c adalah sebagai berikut :
1. Titik potong sumbu x, y = 0
2. Titik potong sumbu y, x = 0
3. Persamaan sumbu simetri -b/2a
4. Menentukan nilai maksimum dan minimum b2– 4ac/-4a
5. Koordinat titik puncak (ekstrim) {(-b/2a),(b2– 4ac/-4a)}
=> Apabila dari langkah 1 – 5 belum terbentuk sketsa parabola maka ambillah titik bantu yaitu nilai x di sekitar persamaan sumbu simetri. 
Contoh Soal :
1. Gambarlah graik fungsi kuadrat y = x2 – 4x – 5
    Jawaban : 
    a. Titik potong sumbu x, y = 0.
         y = x2 – 4x – 5       =>       0 = (x – 5) (x + 1) , x = -1 , 5
         0 = x2 – 4x – 5                   Titik potong sumbu x (-1,0) dan (5,0)
    b. Titik potong sumbu y, x = 0.
         y = x2 – 4x – 5    
         y = (0)2 – 4(0) – 5
         y = -5
       maka titk potong sumbu y adalah (0,-5)
     Gambar Grafik
Description: https://i2.wp.com/3.bp.blogspot.com/-pPWgapGIE3M/TvCDW0YZYDI/AAAAAAAAAAk/BIz0OoFyhgE/s200/grafik.jpg 
   
 c. Persamaan sumbu simetri -b/2a
        = -(-4)/2.1
        = 2
    d. Nilai maks/min b2– 4ac /-4a
        = {(-4)2 – 4.1.(-5)} / -4(1)
        = 36/-4
        = -9
    e. Titik puncak {(-b/2a),(b2– 4ac/-4a)} 
        = (2,-9)
Menentukan Fungsi Kuadrat
 1. Menentukan fungsi kuadrat yang grafiknya melalui 3 buah titik.
    menggunakan  y = ax2 + bx +c
    Contoh Soal  :     
    * Tentukan fungsi kuadrat grafiknya mel. 3 buah titik (-1,0), (2,-9) dan (4,-5)
     
Jawaban :
       melalui (-1,0) => y = a(-1)+ b(-1) + c
                                      0 = a – b + c              … persamaan (1)
       melalui (2,-9) => y = a(2)+ b(2) + c
                                     -9 = 4a + 2b + c        … persamaan (2)
       melalui (4,-5) => y = a(4)+ b(4) + c
                                     -5 = 16a + 4b + c     … persamaan (3)
       Dari (1) – (2) => -3a – 3b = 9               … persamaan (4)
       Dari (2) – (3) => -12a – 2b = -4           … persamaan (5)
       Dari (4) x 4   => -12a – 12b = 36        … persamaan (4)
       Dari (5) – (4)’ => 10b = -40
                                          b = -4
       Substitusikan b = -4 ke (4)
                    maka => -3a + 12 = 9
                                              -3a = -3
                                                  a = 1
      Substitusikan a = 1 dan b = -4
                    maka => 1 – (-4) + c = 0
                                               5 + c = 0
                                                      c = -5
      Sehingga fungsi kuadratnya => y = x– 4x – 5
2. Menentukan fungsi kuadrat jika koordinat titik puncak diketahui.
    menggunakan y = a(x – p)+ q titik puncak (p,q)
Contoh Soal :
* Tentukan fungsi kuadrat yang grafiknya mempunyai titik puncak (2,-9)
serta melalui titik (-1,0)
    Jawaban : 
    y = a(x – p)+ q
       = a(x – 2)– 9
   melalui (-1,0) => y = a(x – 2)– 9
                                 0 = a(-1 – 2)– 9
                                 9 = 9a
                                 a = 1
   Jadi, fungsi kuadratnya => y = 1(x – 2)– 9
                                                       = (x– 4x + 4) – 9
                                                       = x– 4x – 5
3. Menentukan fungsi kuadrat yang grafiknya mmotong sumbu x di titik (p,0) dan (q,0)

    menggunakan y = a(x – p) (x – q)
Contoh Soal :
* Tentukan fungsi kuadrat yang grafiknya memotong sumbu x di titik (-1,0) dan (5,0).
serta melalui (4,-5)
    Jawaban :
    y = a(x – p) (x – q)
       = a{x -(-1)}(x – 5)
       = a(x + 1) (x – 5) 
   kerna melalui (4,-5) maka
   -5 = a(4 + 1) (4 – 5)
   -5 = -5a
    a = 1
   Jadi, fungsi kuadratnya : y = 1(x + 1) (x – 5)
                                                   = x– 4x – 5

No comments:

Post a Comment

NASKAH DRAMA BAHASA JAWA ANDE ANDE LUMUT

Naskah Drama Ande-Ande Lumut 1.  Tema   : Golek Garwa 2.  Cerita apa  : Ande-ande Lumut 3 .  Ceritane kaya piye   : Panji Asmar...