PROPOSAL USAHA
MAKANAN RINGAN REMPEYEK
Laporan ini disusun
sebagai salah satu syarat
Untuk28 mengiku ujian
naio
nal (UN) 20/ 2017
Disusun Oleh :
1.
Ani Al Adiya
2.
Elma Malini
3.
Fania Akyuni
4.
Khuswatun Khasanah
5.
Susi
Styaningsih
6.
Vika Wafa Annisa
283258
Kelas : XII Perbankan Syariah
YAYASAN
PENDIDIKAN DAN SOSIAL ISLAM
SMK
ISLAM RANDUDONGKAL
KOMPETENSI
KEAHLIAN PERBANKAN SYARIAH
TAHUN
2017
KATA
PENGANTAR
Dengan mengucap syukur atas
rahmat Tuhan yang Maha Esa, yang senantiasa melimpahkan berkah, rahmat, taufiq,
serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Proposal Usaha Pembuatan
Moto Rudo
Penyusun menyadari akan
kekurangan-kekurangan dalam pembuatan laporan ini yang harus dibenahi, oleh
karena itu penulis mengharapkan masukan kritik dan saran yang bersifat
membangun guna sempurnanya laporan ini di masa mendatang. Akhir kata penulis
mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan. Semoga Proposal Usaha
Randudongkal, Desember
2017
Penyusun
DAFTAR ISI
Cover ........................................................................................ i
Kata Pengantar............................................................................ ii
Daftar Isi.................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang ............................................................. 1
1.2.
Tujuan ......................................................................... 1
1.3.
Visi ............................................................................. 1
1.4.
Misi ............................................................................. 2
1.5.
Keunggulan Produk ....................................................... 2
BAB II ANALISA PELUANG
USAHA
2.1.
Skema/Gambaran Usaha ................................................ 3
2.2.
Analisis 4 P .................................................................. 3
2.3.
Analisa SWOT .............................................................. 4
BAB III PRODUK
3.1.
Profil Usaha ................................................................. 5
3.2.
Gambaran Produk ......................................................... 5
BAB IV MANAGEMEN PRODUKSI
4.1.
Proses Produksi ............................................................ 7
4.2.
Bahan Produk ............................................................... 7
4.3.
Peralatan ..................................................................... 8
4.4.
Biaya Lain-Lain ............................................................. 8
4.5.
Cara Pembuatan ........................................................... 8
BAB V RENCANA ANGGARAN
5.1.
Modal / Pemasukan ....................................................... 10
5.2.
Penentuan Harga Jual ................................................... 10
5.3.
Perhitungan Laba / Rugi ................................................ 10
BAB VI PENUTUP
6.1.
Antisipasi Masa Depan................................................... 12
6.2.
Kesimpulan .................................................................. 12
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Setelah memperhatikan semakin
meningkatnya jumlah pengangguran dan kurangnya pengetahuan di masyarakat untuk
memanfaatkan peluang bisni, di karenakan kurangnya pengetahuan akan pemanfaatan
sumberdaya yang ada dan menyebabkan semakin meningkatnya kerisis ekonomi di
masyarakat, di karenakan kurangnya pemikiran yang luas untuk menciptakan
lapangan pekerjaan baru, yang dapat membantu meningkatkan perekonomian bagi
keluarga dan masyarakat.
Berwirausaha merupakan salah satu
upaya yang dapat dilakukan untuk menjadikan jalan keluar dari permasalahan
tersebut, banyak cara yang dilakukan dalam berwirausaha, misalnya mengolah
barang mentah menjadi produk ataupun barang setengah jadi menjadi suatu produk
yang mempunyai nilai jual yang cukup tinggi sehingga dapat dinikmati para
konsumen.
Oleh karena itu penulis menciptakan
suatu hasil atau produk yang memiliki nilai jual, penulis membuat kue “BOBICO”
kue ini berbahan dasar ubi yang sangat mudah di dapatkan, akan tetapi
masyarakat kurang akan pengolahannya, sehingga tida menyadari bahwa ubi ini
jika di olah menjadi kue yang menarik dapat memiliki harga jual yang cukup
tinggi.
1.2 Visi
Menjadikan makanan tradisional
menjadi yang utama
1.3 Misi
1. Selalu
berinovasi dengan produk tradisonal
2. Meningkatkan
kualitas makanan tradisional
3. Mengutamakan
kualitas dalam pelayanan sehingga konsumen puas
1.4 Tujuan kegiatan usaha
Tujuan penulis memilih jenis usaha ini yaitu :
1. Mendapatkan
keuntungan.
2. Menarik
minat konsumen untuk merasakan produk yang penulis buat, agar mencapai
target penjualan.
3. Dapat
membuka lapangan pekerjaan baru.
4. Membantu mempertahankan
makanan tradisional agar tida hilang.
1.5 Maksud kegiatan usaha
Dari hal membuka usaha
ini penulis bermaksud ingin menyalurkan ilmu yang penulis miliki yaitu
Kemampuan di bidang kuliner, di dunia usaha bentuk dari pengalaman dan menambah
wawasan atas ilmu yang telah penulis ketahuai dan ingin berinovasi dengan
makanan tradisional sehingga makanan tradisional tida akan kalah dalam kualitas
dengan makanan makanan di jaman yang moden ini, penulis akan berenovasi dengan
mengembangkan kembali kue tradisional yaitu obi menjadi lebih menarik dan lebih
berkualitas.
Penulis akan membuat “BOBICO” yaitu bola bola obi
coklat yang hasil dari pengembangan dari kue obi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Profil
Bobico adalah brand dari kegiatan
usaha penulis, karena bahan bakunya adalah ubi, ubi biasanya di kenal dengan
makanan pedesaan, namun kini penulis ingin mengebangkan kembali dengan cara
mengolah ubi ini menjadi makanan yang menarik, sehingga
ubi dapat di kenal luas oleh masyarakat, cara penulis memperkenalkan ubi ini
secara luas yaitu dengan
cara membuat hasil olahan dari ubi yang semenarik mungkin tanpa mengurangi isi
nutrisi yang terkandung di dalamnya.
Ubi banyak sekali mengandung nutrisi
penting bagi kesehatan, kandungan yang termasuk dalam ubi yaitu : vitamin A, C,
E, betakeroten, magnesium, kalium dan kaya oksige, sehingga
makanan ini dapat di konsumsi oleh semua kalangan, mulai dari anak anak hingga
orang lanjut usia.
2.2 Strategi pasar
Agar rencana
mendirikan usaha ini berjalan dengan lancar, upaya yang dilakukan dalam
melakukan strategi pasar antara lain :
2.2.1 Segmenting
Segmenting
pasar adalah dengan menjadikan pembeli sebagai target yang akan di capai,
produk yang harus penulis buat adalah produk yang dapat di nikmati oleh
berbagai kalangan dari masyarakat dengan tingkatan berbeda, produk ini juga bisa di nikmatin dari anak anak hingga orang
dewasa.
2.2.2 Targeting
Target
pasar yang penulis bidik adalah pada kalangan masyarakat setempat, sekolah
penulis sendiri, serta warung warung kecil.
2.2.3 Positioning
Agar produk
penulis ini mudah dikenali oleh masyarakat, penulis berinovasi dengan cara
menambahkan bahan baru yang membedakan makanan ini dengan yang ada, bahan yang
penulis tambahkan yaiu seperti kacang, coklat dan seres mix, sehingga tampilan
lebih menarik rasa lebih unggul dan kulitas sangat baik, sehingga konsumen
dapat mengenali dengan mudah produk ini.
2.3 Analisis SWOT Sebagai kelayakan Usaha
Yaitu sebagai acuan untuk menghadapi
persaingan dalam bidang usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha penulis harus
mengukur kemampuan
penulis terhadap lingkungan atau pesaing melalui SWOT.
2.3.1 Kekuatan ( Strength )
Rasa percaya
bahwa produk ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat luas, karena produk
yang penulis buat ini mempunyai kualitas yang cukup tinggi karena bahan
dasarnyaa menggunakan ubi yang banyak mengandung nutrisi juga pembuatan yang
higienis.
2.3.2 Kelemahan ( Weakness )
1. Produk tidak tahan lama.
2. Produk mudah di tiru.
3. Harga bahan baku tidak stabil.
2.3.3 Peluang ( Oportunity )
Produk ini memang sudah ada di kalangan masyarakat
akan tetapi usaha bobico ini berbeda dengan obi yang biasa, bobico ini produk
hasil modivikasi yang sedemikian sehingga menjadi produk baaru serta menarik
yang dapat bersaing dengan makanan-makanan modern,
obi di jaman sekarang sudah jarang sekali yang
memproduksi, sehingga penulis mempunyai peluang yang cukup baik, dalam
pemasaran, apalagi obi ini merupakan varian baru yang dapat menarik minat
konsumen unuk merasakan sensasi baru dari obi ini.
2.3.4 Ancaman ( Treath )
Ancaman yang dapat timbul dari usaha BOBICO ini antara
lain :
1.
Pesaing
tidak sehat.
2.
Bahan baku
yang tida stabil.
3.
Adanya
produk serupa dengan kualitas baik dan harga murah sehingga menjatuhkan produk
penulis.
BAB III
MANAGEMEN PRODUKSI
3.1 Proses Produksi
Kegiatan yang
penulis lakukan dalam kegiatan produksi yaitu :
1. Mengembangkan
ide pembuatan produk dengan membaca kebutuhan konsumen terhadap sebuah produk
yang sedang populer yaitu kuliner.
2. Melalui
bagian produksi, penulis mulai mentukan bahan baku penunjang selain bahan baku
utama dalam hal ini, penulis melakukan survei ke pasar guna mendapatkan harga
yang lebih kompetitif dasar pasar.
3. Proses
produksi, proses produksi dilakukan dengan rangkaian kegiatan yang
mengedepankan kan azas higenis guna terciptanya kepercayaan terhapat konsumen
akan produk yang penulis pasarkan.
4. Menyusun
laporan keuangan, tahapan ini di lakukan untuk membuat sistem managemen yang
baik dalam kegiatan usaha. Penulis percaya, jika penangana keungan tersusun
dengan baik maka semua kegiatan produksi akan berjalan lancar dan maksimal.
3.2 Bahan Baku
Dalam proses produksi penulis menggunakan bahan baku
rincian sebagai
berikut :
Nama Bahan
|
Banyaknya
|
Harga Satuan
|
Harga total
|
|
1.
|
Ubi jalar
|
16 kg
|
Rp. 2.500
|
Rp. 40.000
|
2.
|
Tepung tapioka
|
4 kg
|
Rp. 8.000
|
Rp. 32.000
|
3.
|
Gula merah
|
1 kg
|
Rp. 14.000
|
Rp.14.000
|
4.
|
Kacang
|
1 kg
|
Rp. 25.000
|
Rp. 25.000
|
5.
|
Garam
|
1 pcs
|
Rp.1.000
|
Rp. 1000
|
6.
|
Coklat
|
5 pcs
|
Rp. 1.0000
|
Rp. 50.000
|
7.
|
Seres
|
5 pcs
|
Rp.5.000
|
Rp. 25.000
|
Total
|
Rp. 187.000
|
Table 1.1 (
Daftar bahan baku )
3.3
Peralatan Dan Perlengkapan
Dalam kegiatan produksi penulis, peralatan dan
perlengkapan yang penulis gunakan sebagai berikut :
3.3.1 Peralatan
No
|
Nama Barang
|
Banyaknya
|
1.
|
Dulang
|
1
|
2.
|
Gelas ukur
|
1
|
3.
|
Baskom
|
1
|
4.
|
Pisau
|
1
|
5.
|
Panci
|
1
|
6.
|
Wajan
|
1
|
Tabel 1.2. ( Daftar Peralatan)
3.3.2 Perlengkapan
No
|
Nama Barang
|
Banyaknya
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Label
|
5 lbr
|
Rp. 3000
|
Rp. 15.000
|
2.
|
Sarung Tangan Plastik
|
2
|
Rp. 1000
|
Rp. 2000
|
3.
|
Cup Plastik
|
10 pack
|
Rp. 8.500
|
Rp. 85.000
|
Total
|
Rp .102.000
|
Tabel 1.3 ( Daftar Perlengkapan )
3.4 Biaya
Lain – Lain
No
|
Nama Biaya
|
Jumlah
|
1.
|
Transportasi
|
Rp. 15.000
|
2.
|
Isi Ulang Gas
|
Rp. 18.000
|
Total
|
Rp. 33.000
|
Tabel 1.4 ( Biaya Lain – Lain)
3.5 Cara
Pembuatan
1.
Siapkan bahan-bahan dan peralatan
yang di butuhkan
2.
Kupas ubi kemudian cuci lalu kukus
hingga matang atau melunak.
3.
Halus kan ubi dengan cara di tumbuk dengan
menggunakan dulang sampai halus.
4.
Setelah ubi halus hingga berbentuk
adonan masukan garam, tepung tapioka, kemudian tumbuk kembali hingga
tercampur rata.
5.
Setelah selesay ambil adonan sesendok
dan masukan gula merah sedikit atau coklat sesuai slera, sebagai isiannya, lalu
bulatkan sehingga menjadi bola bola kecil.
6.
Panaskan
minya dengan api sedang, jika minyak sudah siap baru goreng adonan yang telah
di benuk hingga berwarna coklat keemasan, setelah matang angkat lalu tiriskan.
7.
Setelah
dingin bobico bisa di toping sesuai selera.
BAB IV
RENCANA ANGGARAN
4.1
Modal / Pemasukkan
Modal yang penulis keluarkan dalam sekali produksi
ialah sebesar
Rp. 322.000
Total
biaya = bahan baku +
perlengkapan + biaya lain – lain
= Rp. 187.000 + Rp. 102.000 + Rp. 33.000
= Rp. 322.000
Total pengeluaran yang digunakan dalam satu kali
produksi yang menghasilkan 100 produk dengan modal pengeluaran Rp. 322.000
4.2 Penentuan
Harga Jual
Harga Pokok
Produksi = total biaya / hasil produksi
= 322.000 x 100
= Rp. 3220,/pcs
Harga jual
= harga pokok+laba yang di inginkan
=Rp.3220+Rp.1780
=Rp.5000,-
Jadi harga jual nya yaitu
(Rp.5000/pcs)
4.3 Perhitungan Laba/Rugi
Laba
= ( hasil produksi x harga
jual) -
modal
= ( 100x Rp. 5000) – Rp.322.000
= Rp. 500.000 – Rp. 322.000
= Rp. 178.000,-
Persentase Laba = laba / modal x 100% x
100%
= 178.000 /
322.000 x
100%
= 55,27%
Persentase
dari laba bersih yang didapat dalam satu kali produksi yaitu 55,27%
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
“BOBICO”
merupakan brand produk yang di ciptakan oleh penulis dalam bidang ini, penulis
menciptakan produk ini atas survey yang penulis lakukan unuk mencari peluang
bisni yang baik dan bermanfaat (yang di butuh kan) oleh masyarakat, penulis
sangat mengharapkan produk yang penulis buat dapat diterima dan dapat disenangi
olehpara konsumen dantertanam dibenak masyarakat luas dengancara konsinyasinya
ditoko cemilan.
5.2 Saran
Penulis
menyadari bahwa proposal ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu penulis
mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi penyempurnaan
prososal ini.
Demikian
proposal ini, semoga kegiatan usaha penulis ini sehingga dapat berjalan dengan
baik dan penulis berharap dalam mengembangkan kreatifitas dapat bermanfaat bagi
penulis dan masyarakat.
Penulis mengucapkan
terimakasih kepada semua pihak yang membantu dalam penyusunan proposal ini
sehingga dapat terselesaikan dengan baik dantepat pada waktunya, sekian
terimakasih.
No comments:
Post a Comment