Sunday 28 January 2018

PROFIL NEGARA NEGARA ASIA TENGGARA (ASEAN)

ASEAN

Association Of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan suatu organisasi atau perhimpunan yang beranggotakan negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. ASEAN adalah organisasi geopolitik dan ekonomi yang memiliki tujuan untuk menyatukan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Bentuk penyatuan tersebut melalui kerja sama dalam bidang ekonomi demi kemajuan serta kesejahteraan para negara yang menjadi anggotanya.
Selain dikenal dengan nama ASEAN, organisasi antar negara-negara di Asia Tenggara ini juga dikenal dengan sebutan Perbara yaitu Persatuan Bangsa-bangsa Asia Tenggara. ASEAN atau Perbara didirikan serta dideklarasikan pada tanggal 18 Agustus 1967 di Bangkok. Pendirian organisasi tersebut dilakukan oleh lima negara yang menjadi anggota pertama dari ASEAN yaitu Filipina, Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand.
 Deklarasi Bangkok tersebut juga ditanda tangani oleh lima menteri luar negeri dari negara-negara yang menjadi anggota yang seluruhnya merupakan negara-negara yang berasal dari Asia Tenggara. Kelima menteri luar negeri tersebut adalah Tun Abdul Razak (Malaysia), Adam Malik (Indonesia), Thanat Koman (Thailand), S. Rajaratman (Singapura), dan Narsisco Ramor (Filipina).
 Semenjak dideklarasikannya ASEAN pada tahun 1967 tersebut hingga saat ini telah memiliki 10 anggota dari negara-negara Asia Tenggara. Anggota pertama dari ASEAN berjumlah 5 negara yaitu Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Thailand. Brunei Darussalam mulai ikut bergabung menjadi anggota ke 6 ASEAN pada tanggal 7 Januari 1984. Setelah sembilan tahun kemudian Vietnam juga ikut bergabung yaitu tepatnya pada tanggal 28 Juli 1995. Selanjutnya diikuti oleh Myanmar dan Laos pada tanggal 23 Juli 1997. Lalu setahun kemudian tepatnya pada tanggal 16 Desember 1998 negara Kamoja juga ikut bergabung.
 Mengenai daftar negara-negara ASEAN pada tahun sekarang ini dapat kita lihat melalui penjelasan berikut ini :

1.MALAYSIA
Ibukota dari negara Malaysia adalah Kuala Lumpur. Luas Wilayahnya sekitar 32.847 kilo meter persegi. Jumlah penduduknya mencapai 30.949.962 jiwa pada tahun 2016. Mata uang Malaysia adalah Ringgit (MYR). Malaysia merdeka dari penjajahan Inggris pada tanggal 31 Agustus 1957. Lagu nasionalnya adalah Negaraku. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Melayu. Selain itu juga terdapat berbagai macam bahasa seperti Inggris, Cina, Tamil, Telegu, Malayam, Panjabi, dan juga Thai.
 Malaysia merupakan salah satu negara di Kawasan Asia Tenggara dan juga negara federasi yang memiliki tiga belas negara bagian di dalamnya serta memiliki tiga wilayah persekutuan yaitu Kedah, Kelantan, Johor, Melaka, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Pulau Pinang, Perlis, Terengganu, Selangor, Sarawak, dan Sabah.

2.INDONESIA
Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi anggota ASEAN pertama. Ibukota dari Indonesia adalah Jakarat. Luas wilayah Indonesia sebesar 1.904.569 kilo meter persegi. Indonesia memiliki jumlah penduduk mencapai 258.316.051 jiwa pada tahun 2016. Bahasa yang digunakan dan menjadi bahasa resmi di Indonesia adalah Bahasa Indonesia. Mata uang negara Indonesia adalah Rupiah (IDR). Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Lagu kebangsaan dari Indonesia adalah Indonesia Raya.
Indonesia merupakan sebuah negara kesatuan yang sering disebut dengan nama NKRI yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan ibukotanya yaitu Jakarta. Selain itu, Idnonesia juga dikenal sebagai negara kepulauan yang terbesar di dunia karena jumlah pulaunya mencapai 17.508 pulau yang telha tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Indonesia juga memiliki banyak provinsi yaitu sekitar 34 provinsi mulai dari Sabang hingga Merauke.
Indonesia dikenal sebagai negara maritim karena luasnya sebagian besar adalah perairan . Luas lautannya kurang lebih 3.273.810 kilo meter persegi, sedangkan daratannya sebesar 1.919.440 kilo meter persegi.

3. FILIPINA
Ibukota negara Filipina adalah Manila. Negara ini juga merupakan salah satu anggota ASEAN yang pertama. Luas dari negara Filipina mencapai 300.000 kilo meter persegi. Pada tahun 2016, jumlah penduduk negara Filipina adalah 102.624.209 jiwa. Bahasa yang digunakan di Filipina adalah Filipino (Tagalog) dan bahasa Inggris. Mata uang negara Filipina adan Peso (PHP) dan lagu kebangsaannya adalah Lupang Hinirang (Chosen Land). Filipina Merdeka pada tanggal 4 Juli 1946.

Filipina merupana negara republik di kawasan Asia Tenggara. Letak dari negara ini adalah sebelah utara dari Indonesia dan juga Malaysia. Filipina sama juga dengan Indonesia yang merupakan negara kepulauan yaitu sekitar 7.107 pulau yang ada di Filipina.
 Filipina merupakan salah satu negara jajahan Spanyol selama abad ke 16. Spanyol menjajah Filipina kurang lebih selama 265 tahun yaitu mulai tahun 1565 hingga 1821. Pada bulan April 1896 Filipina memulai revolusinya untuk melawan Spanyol dan puncaknya setelah 2 tahun kemudian Filipina berhasil memproklamirkan kemerdekaannya sehingga mendirikan Republik Filipina yang pertama.
  
4.THAILAND
Ibukota dari negara Thailand adalah Bangkok. Luas wilayahnya mencapai 513.120 kilo meter persegi dengan jumlah penduduk sekitar 68.200.824 jiwa pada tahun 2016. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Thai, sedangkan mata uangnya adalah Bath. Lagu kebangsaan dari Thailand adalah Phleng Chat Thai (National Anthem Of Thailand).

Thailand merupakan sebuah negara kerajaan yang sebelumnya dikenal dengan nama Siam sampai dengan tanggal 11 Mei 1939. Negara Thailand didirikan pada pertengahan abad ke 14 dan merupakan satu-satunya negara yang tidak pernah dijajah oleh negara-negara di Eropa.

Pada tahun 1932 terdapat sebuah revolusi yang tak berdarah menyebabkan terjadinya pembentukan sebuah monarki konstitusional. Sehingga pemerintahan di bawah sisitem konstitusional dengan mengakui raja atau kaisar sebagai kepala negara. Sebuah Kerajaan Thai yang dikenal dengan nama Siam didirikan pada pertengahan abad ke 14 hingga 1939.
5.SINGAPURA

Ibukota dari negara Singapura adalah Singapura dengan luas wilayahnya adalah 697 kilo meter persegi. Jumlah penduduk negara Singapura adalah 5.781.728 jiwa pada tahun 2016. Bahasa yang digunakan oleh penduduk Singapura adalah bahasa Inggris, Melayu, Mandarin, dan Tamil. Mata uang yang digunakan adalah Dollar Singapura (SGD). Singapura merdeka pada tanggal 9 Agustus 1965 dari federasi Malaysia. Lagu kebangsaannya adalah Majulah Singapura.

Singapura merupakan negara republik di Asia Tenggara dan merupakan negara koloni untuk perdagangan Inggris pada tahun 1819. Pada tahun 1963, Singapura bergabung dengan federasi Malaysia lalu keluar dari federasi tersebut setelah adanya konflik ideologi antara pemerintah Singapura dnegan pemerintah federal di Kuala Lumpur.

Dengan adanya jaringan perdagangan inetrnasional dengan GDP per kapitanya sama dengan pendapatan negara-negara terkenal di eropa Barat yang kuat membuat Singapura menjadi salah satu negara paling makmur di dunia.

6.BRUNEI DARUSSALAM
Ibukota negara Brunei Darussalam adalah Bandar Seri Begawan. Luas wilayah negara Brunei adalah 5.765 kilo meter persegi dengan jumlah penduduknya sekitar 436.620 jiwa pada tahun 2016. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Melayu. Mata Uangnya adalah Bollar Brunei (BND) sedangkan Lagu nasionalnya adalah Allah Peliharalah Sultan. Brunei Darussalam merdeka dari Inggris pada tanggal 1 Januari 1984.

Letak dari Negara Brunei Darussalam atau Brunei adalah di sepanjang pantai utara pulau Kalimantan yang berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan juga Malaysia. Sebuah Majalah Forbes (majalah bisnis dan finansial Amerika) telah mencatat bahwa Brunei Darussalam telah masuk emnjadi salah satu negara terkaya nomor lima dari 182 negara yang ada di dunia. Kekayaannya berupa kekayaan alam yaitu ladang minyak bumi serta gas alam yang sangat luas.

Brunei menjadi protektorat Inggris pada tahun 1888, akan tetapi kemerdekaannya tersebut baru saja tercapai pada tahun 1984. Secara turun temurun negara Brunei dipimpin oleh seorang sultan selama lebih dari enam abad. Sektor pertambangan menjadi tumpuan perekonomian untuk negara ini terutama pada tambang gas alam dan juga minyak bumi. Hal inilah yang membuat Brunei menjadi salah satu negara yang sumber pendapatan perkapitanya tertinggi di dunia.




7.VIETNAM
Ibu kota negara Vietnam adalah Hanoi. Luas wilayah Vietnam mencapai 331.210 kilo meter persegi dengan jumlah penduduknya pada tahun 2016 mencapai 95.261.021 jiwa. Bahasa yang digunakan oleh penduduk Vietnam adalah Bahasa Vietnam. Mata Uangnya adalah Dong (VND) sedangkan lagu kebangsaannya adalh Tien quan ca (The Song of the Marching Troops). Vietnam merdeka dari Perancis pada tanggal 2 September 1945.
 Republik Sosialis Vietnam merupakan sebuah negara di Asia Tenggara yang luasnya mencapai 331.210 kilo meter persegi dengan jumlah penduduk sekitar 95.261.021 jiwa pada tahun 2016 membuat negara ini termasuk dalam jajaran negara terpada ke 13 di dunia. Selain itu, Vietnam juga masuk dalam sebuah grup ekonomi yang bernama Next Eleven (negara yang dianggap memiliki masa depan yang menjanjikan untuk masalah investasi).
 Vietnam dijajah oleh Perancis pada abad ke 19 setelah melakukan beberapa perang di indochina yang dimulai pada tahun 1840 an. Rakyat vietnam ketika masa penjajahan Perancis tidak pernah tunduk terhadap kolonial. Mereka tetap semangat nasionalisme untuk terus berkobar melawan penjajah.
 Banyak sekali pemberontakan-pemberontakan yang sering terjadi dari kelompok-kelompok nasionalis walaupun sering gagal. Hingga pada akhirnya pada Perang Dunia ke II, Vietnam berhasil mengumumkan kemerdekaannya walaupun Perancis masih memerintah sampai kalah pada tahun 1954 oleh pasukan komunis yang dipimpin oleh Ho Chi Minh.

8.LAOS
Ibukota negara Laos adalah Vientiane. Luas wilayah Laos adalah 236.800 kilo meter persegi dengan jumlah penduduk sekitar 7.019.073 jiwa pada tahun 2016. Bahasa yang digunakan oleh penduduk Laos adala Lao. Mata uangnya yang digunakan adalah Kip Laos (LAK) sedangkan lagu kebangsaangnya adalah Pheng Xat Lao (Hym Of The Lao People).
 Laos merupakan negara yang banyak dikenal dengan nama negeri seribu gajah sejak abab ke 14 hingga ke 18. Nama dari Laos sebetulnya berasal dari kata Lan Xang yang artinya kerajaan gajah. Kerajaan ini dulu berdiri pada abab ke 14 di bawah pimpinan Raja Fa Ngum selama kurang lebih sekitar 300 tahun. Negara Lan Xang ini memiliki pengaruh yang besar hingga ke Kamboja dan juga Thailand.

Pada abab ke 19, wilayah Lan Xang ini diduduki oleh Perancis. Kemudian disatukan ke dalam Indochina Perancis pada tahun 1893. Pada tahun 1949, kerajaan ini diproklamirkan kemerdekaannya di bawah pimpinan Raja Sisavang Vong yang kemudian diberi nama Kerajaan Laos.

Namun sejak tanggal 3 Desember 1975, kerajaan Los berubah menjadi republik Laos yang dipimpin oleh seorang presiden yang bernama Choummaly Sayasone yang menjabat sebagai Kepala Pemerintahan. Dalam menjalankan pemerintahannya tersebut presiden dibantu oleh Bouasone Bouphavanh sebagai perdana menteri.

9.MYANMAR
Ibu kota dari negara Myanmar adalah Rangoon atau Yangoon. Luas wilayahnya sekitar 676.578 kilo meter persegi dengan jumlah penduduk mencapai 56.890.418 jiwa pada tahun 2016. Myanmar mempunyai bahasa resmi yaitu Myanmar. Mata Uangnya adalah Kyat Myanmar (MMK) sedangkan lagu kebangsaannya adalah Kaba Ma Kyei (Till the End of the World, Myanmar). Myanmar memperoleh kemerdekaannya dari Inggris pada tanggal 4 Januari 1948.

Myanmar, di dunia juga dikenal dengan nama Burma. Perubahan nama dari Burma menjadi Myanmar ini dilakukan ketika masa pemerintahan junta militer yaitu pada tanggal 18 Juni 1989. Tujuannya adalah untuk membuat etnis selain Birma merasa menjadi bagian dari negara tersebut.
 Legitimasi kekuasaan Junta militer tidak diakui oleh beberapa negara di Eropa (Inggris dan Irlandia). Oleh sebab itulah perubahan namanya tetap tidak diakui. Begitu juga dengan dunia internasional yang tidak sepenuhnya mengakui nama baru Myanmar dan tetap menggunakan nama Burma sebagai nama dari negara tersebut. Akan tetapi, setiap negara juga memiliki hak untuk menentukan nama negaranya sendiri. Untuk itulah PBB telah mengakui Myanmar sebagai nama baru bagi negara tersebut.
 Selama masa penjajahan dari Inggris, kontrol politik di negara Myanmar dilakukan melalui India. Karena sampai tahun 1937 Myanmar diperintah sebagai salah satu provinsi di India. Dan setelah itu Myanmar menjadi koloni yang diperintah secara terpisah dari India baru kemudian Myanmar memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1948.



10.KAMBOJA
Ibu kota negara kamboja adalah Phnom Penh. Luas wilayahnya mencapai 181.035 kilo meter persegi dengan jumlah penduduk sekitar 15.957.223 jiwa pada tahun 2016. Bahasa yang digunakan adalah Khmer. Mata uang negara Kamboja adalah Riel Kamboja (KHR). Kamboja memperoleh kemerdekaannya dari Perancis pada tanggal 9 November 1953.

Negara Kamboja merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang di dunia Internasional dikenal dengan sebutan Cambodia (Inggris). Letak dari negara Kamboja sendiri berada di Teluk Thailand, yaitu antara Thailand, Vietnam, dan juga laos.

Negara Kamboja merupakan sebuah negara bekas jajahan dari negara Perancis. Pada waktu itu yaitu sekitar tahun 1863, raja Kamboja menempatkan negara di bawah perlindungan negara Perancis. Sehingga membuatnya menjadi dijajah oleh Perancis. Akan tetapi, dalam Perang Dunia II, setelah Jepang menduduki, Kamboja memperoleh kemerdekaan secara penuh dari penjajag Perancis tepatnya pada tahun 1953.

11.TIMOR LESTE
Ibu kota negara Timor Leste adalah Dili. Luas wilayahnya mencapai 14.874 kilo meter persegi dengan jumlah penduduk sekitar 1.261.072 pada tahun 2016. Bahasa yang digunakan oleh penduduk Timor Leste adalah Bahasa Tetun dan Portugis. Mata Uangnya adalah Dollar (USD). Timor Leste memperoleh kemerdekaannya dari Portugal dan juga Indonesia pada tanggal 20 Mei 2002.

Timor Leste dahulu merupakan salah satu wilayah bagian dari negara Indonesia. Akan tetapi dalam referendum masyarakat Timor Leste harus memilih dua pilihan yaitu 1) Apakah mereka akan menerima otonomi khusus untuk Timor Lesre dari Indonesia, 2) atau mereka akan menolak dengan akibat terjadinya pemisahan antara Timor Leste dengan Indonesia. Namun, dari hasil referendum tersebut banyak penduduk yang memilih untuk menolak yaitu sebanyak 344.580 jiwa sedangkan yang menerima 94.388 jiwa dari total pemilih terdaftar 451.792. hal tersebut membuat negara ini menjadi terpisah dengan Indonesia. Pada tahun 2017 ini, Timor Leste diperkirakan akan masuk menjadi anggota ASEAN.


No comments:

Post a Comment

NASKAH DRAMA BAHASA JAWA ANDE ANDE LUMUT

Naskah Drama Ande-Ande Lumut 1.  Tema   : Golek Garwa 2.  Cerita apa  : Ande-ande Lumut 3 .  Ceritane kaya piye   : Panji Asmar...