Sunday 28 January 2018

SOAL BIOLOGI DAN PEMBAHASANNYA (TENTANG ROKOK)

PEMBAHASAN SOAL – SOAL
1.      Apa yang menyebabkan remaja merokok ?
Merokok merupakan masalah kesehatan utama yang sangat memprihatinkan saat ini terutama di kalangan remaja. Padahal kebanyakan orang tahu bahwa merokok itu buruk bagi kesehatan mereka tapi mereka malah semakin banyak yang mengkonsumsinya.
Merokok sangat populer di kalangan siswa di sekolah tinggi dan merupakan hal yang biasa di lakukan di kalangan mahasiswa khususnya di kalangan remaja. Bahkan anak-anak SMA dan dibawahnya juga banyak meniru mereka ini.
Merokok dari segi apapun tampaknya tidak ada segi baiknya. Remaja yang perokok aktif menimbulkan banyak masalah dan bisa berakibat parah bagi kesehatannya, psikologisnya dasn bahkan masa depannya.
Faktor-faktor berikut inilah yang menjadi alasan mengapa para remaja merokok:
1. Meniru orang dewasa
Melihat orang yang lebih besar darinya merokok membuat para remaja terpengaruh dan ingin melakukan hal yang serupa sehingga itu menjadi sebuah kebiasaan yang sulit di hilangkan.
2. Masalah keluarga
Seorang remaja yang kondisi keluarganya tidak baik maka mereka akan cenderung stres memikirkan hal itu, untuk melampiaskan kekesalannya biasanya mereka melakukan hal-hal yang kurang baik seperti merokok.
3. Sikap keingintahuan
Di usia remaja seseorang pasti memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mereka selalu ingin tahu bagaimana hal tersebut dapat bermanfaat bagi dirinya atau sebaliknya dan mereka menunjukkan keingintahuan mereka dengan melakukan suatu percobaan.
4. Respon terhadap tekanan teman sebaya
Teman sebaya dalam lingkungannya berpengaruh besar terhadap seorang remaja yang belum merokok, sebab teman akan selalu mempengaruhi untuk merokok karena biasanya kalau tidak merokok seseorang tersebut di anggap tidak jantan atau penakut padahal itu merupakan persepsi yang salah.
5. Efek adiktif nikotin
Senyawa utama yang ditemukan dalam tembakau yaitu zat adiktif, nikotin dan yang lainnya menjadikan kecanduan. Setelah remaja mulai merokok, mereka selalu merasa ketagihan untuk melanjutkan kebiasaan sehingga sulit untuk menghentikannya





2. Apa keuntungan merokok ?

Disini ada 10 keuntungan merokok sebagai berikut :

a.     Mengurangi Resiko Parkinson

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa merokok melawan penyakit Parkinson. Sebuah penelitian terbaru menambah kuat bukti sebelumnya yang melaporkan bahwa merokok dapat melindungi manusia dari penyakit Parkinson.
Secara khusus, penelitian baru tersebut menunjukkan hubungan temporal antara kebiasaan merokok dan berkurangnya risiko penyakit Parkinson. Artinya, efek perlindungan terhadap Parkinson berkurang setelah perokok menghentikan kebiasaan merokoknya.Studi lain mengenai pengaruh positif merokok terhadap Parkinson Desease (PD) adalah sebuah penelitian terhadap 113 pasangan kembar laki-laki. Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr Tanner terus melihat perbedaan yang signifikan ketika dosis dihitung sampai 10 atau 20 tahun sebelum diagnosis.Mereka menyimpulkan bahwa temuan ini menyangkal pernyataan bahwa orang yang merokok cenderung memiliki PD.
b.      Perokok lebih kuat dan cepat sembuh dari Serangan Jantung dan Stroke
Penelitian besar menunjukkan manfaat lain merokok, yakni manfaat terhadap restenosis atau penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah menjadi terbatas, seperti pembuluh darah ke jantung (cardiovaskular disease) atau ke otak (stroke). Perokok memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bertahan hidup dan penyembuhan yang lebih cepat.Penelitian lain menyebutkan karbon monoksida dapat mengurangi Serangan Jantung(Myocardial infarction) dan Stroke. Karbon monoksida merupakan produk sampingan dari asap tembakau. Sebuah laporan menunjukkan tingkat sangat rendah dari karbon monoksida dapat membantu para korban serangan jantung dan stroke.
Karbon monoksida menghambat pembekuan darah, sehingga melarutkan gumpalan berbahaya di pembuluh arteri. Para peneliti memfokuskan pada kemiripan yang dekat antara karbon monoksida dengan oksida nitrat yang menjaga pembuluh darah tetap melebar dan mencegah penumpukan sel darah putih.Baru-baru ini oksida nitrat telah ditingkatkan statusnya dari polutan udara biasa menjadi penghubung fisiologis terpenting kedua secara internal. Oleh karena itu tidak akan mengherankan kalau karbon monoksida secara paradoks dapat menyelamatkan paru-paru dari cedera akibat penyumbatan pembuluh darah ke jantung (cardiovascular blockage).
c.       Merokok mengurangi resiko penyakit “Susut Gusi” (Gingival recession) yang parah
Dulu disebutkan bahwa tembakau adalah akar semua permasalahan penyakit gigi dan mulut. Padahal sebuah studi telah menunjukkan bahwa sebenarnya perokok berisiko lebih rendah terhadap penyakit gusi seperti susut gusi atau Gingival recession.



d.      Merokok mencegah Asma dan penyakit karena Alergi lainnya
Sebuah studi dari dua generasi penduduk Swedia menunjukkan dalam analisis multi variasi, beberapa anak dari para ibu yang merokok sedikitnya 15 batang sehari, cenderung memiliki peluang yang lebih rendah untuk menderita alergi rhino-conjunctivitis, allergic conjunctivitis (alergi pada membran mata), alergi asma, eksim atopik dan alergi makanan, dibandingkan dengan anak-anak dari para ibu yang tidak pernah merokok.
Penelitian sebelumnya telah memberikan hasil yang bertentangan mengenai dampak paparan asap tembakau pada sensibilization atopik.Sebuah studi cross-sectional dari kebiasaan perokok dan mantan perokok dalam kaitannya dengan gangguan atopik dari data pada 6909 orang dewasa muda dan setengah baya (16-49 tahun) dan 4472 anak-anak (3-15 tahun) dari Swedish Survey of Living Conditions tahun 1996-97.Hasil: Prevalensi asma alergi dan alergi rhino-konjungtivitis menurun, secara dosis-respons / dose-response manner (masing-masing P=0,03 dan P=0,004), dengan peningkatan paparan asap tembakau dalam penelitian pada populasi dewasa.Anak-anak dari ayah yang merokok sedikitnya 15 batang rokok sehari memiliki kecenderungan yang sama.
e.      Nikotin membunuh kuman penyebab Tuberculosis (TB)

Suatu hari, Nikotin mungkin menjadi alternatif yang mengejutkan sebagai obat Tubercolosis atau TBC yang susah diobati, kata seorang peneliti dari University of Central Florida (UCF).
Senyawa ini menghentikan pertumbuhan kuman TBC dalam sebuah tes laboratorium, bahkan bila digunakan dalam jumlah kecil saja, kata Saleh Naser, seorang profesor mikrobiologi dan biologi molekuler di UCF. Kebanyakan ilmuwan setuju bahwa nikotin adalah zat yang menyebabkan orang menjadi kecanduan rokok.
f.       Merokok mencegah Kanker Kulit yang langka
mencegah pengembangan kanker kulit yang menimpa terutama orang tua di Mediterania, wilayah Italia Selatan, Yunani dan Israel.Bukan berarti merokok disarankan untuk populasi itu, kata Dr James Goedert, namun yang penting adalah merokok tembakau dapat membantu untuk mencegah kanker yang langka bentuk. Dan ini adalah sebuah pengakuan dari peneliti di National Cancer Institute bahwa ada manfaat dari rokok.Goedert yang bergabung di American Association for Cancer Research (AACR) mengatakan bahwa ia tetap tidak akan merekomendasikan merokok, bahkan kepada anggota populasi yang telah diteliti.“Studi ini menunjukkan merokok menghasilkan risiko lebih rendah penderita penyakit langka yang jarang dan berakibat fatal,” katanya ringkas.
g.     Merokok mengurangi resiko terkena Kanker Payudara
Sebuah penelitian baru dalam jurnal dari National Cancer Institute (20 Mei 1998) melaporkan bahwa pembawa mutasi gen tertentu (yang cenderung sebagai pembawa kanker payudara).
Jika seorang wanita merokok hingga 4 pak tahun, pengurangan adalah 35 persen, untuk 4 pak atau lebih per tahun, pengurangan adalah 54 persen“, ujar Jean-Sebastien Brunet, pemimpin studi yang telah dipublikasikan pada Journal of the National Cancer Institute. 
Yang merokok selama lebih dari 20 pak per tahun (yaitu, jumlah pak per hari dikalikan dengan jumlah lamanya tahun merokok) menurut statistik ternyata mengalami penurunan signifikan sebesar 54 persen dalam insiden kanker payudara bila dibandingkan dengan pembawa yang tidak pernah merokok. Salah satu kekuatan dari penelitian ini adalah bahwa penurunan insiden melebihi ambang 50 persen.
h.     Nitrat Oksida dalam Nikotin mengurangi Radang Usus Besar

Nikotin mengurangi aktivitas otot melingkar, terutama melalui pelepasan nitrat oksida, dalam kasus ulcerative colitis (UC) atau radang usus. Temuan ini dapat menjelaskan beberapa terapi manfaat dari nikotin (dan merokok) terhadap UC dan dapat menjelaskan mengenai disfungsi penggerak kolon pada penyakit aktif.
i.       Efek transdermal nikotin pada kinerja kognitif (berpikir) penderita Down Syndrome

Sebuah penelitian mengenai pengaruh rangsangan nikotin-agonis dengan 5 mg jaringan kulit implan lebih baik bahkan jika dibandingkan dengan plasebo (obat kontrol), pada kinerja kognitif pada lima orang dewasa dengan gangguan kinerja kognitif (berfikir).
Perbaikan kemungkinan berhubungan dengan perhatian dan pengolahan informasi yang terlihat pada pasien Down Syndrom dibandingkan dengan kontrol kesehatan lainnya.

j.       Merokok baik bagi ibu hamil untuk mencegah Hipertensi di masa kehamilan dan penularan ibu-anak infeksi Helicobacter pylori

Konsentrasi urin cotinine (tembakau yang bermetabolis di dalam tubuh) mengkonfirmasi berkurangnya risiko Preeklamsia dengan paparan tembakau Eksposur. Pre-eklamsia adalah kondisi medis di mana hipertensi muncul dalam kehamilan (kehamilan dengan hipertensi) yang bekerjasama dengan sejumlah besar protein dalam urin.
Pre-eklampsia ditandai dengan tekanan darah tinggi, kenaikan kadar protein di dalam urin (proteinuria), dan pembengkakan pada tungkai (edema).
Pre-eklampsia dialami oleh ibu yang sedang hamil, terutama para ibu muda yang baru pertama kali hamil. Penyebab pasti pre-eklampsia belum diketahui, sehingga masih sulit untuk dicegah kemunculannya.Jika pre-eklampsia bertambah parah pada masa kehamilan, maka akan menyebabkan eklampsia yang dapat berujung pada kematian. Studi ini, meskipun kecil, menunjukkan salah satu manfaat dari merokok selama kehamilan.
2.      Apa kerugin merokok ( bagi kesehatan , social ,ekonomi)
Ø  Kerugian merokok bagi kesehatan :
·         Merokok menyebabkan lebih dari 480.000 kematian setiap tahun di Amerika Serikat.
·         Merokok menyebabkan lebih banyak kematian setiap tahunnya dari semua gabungan kondisi berikut : HIV, penggunan narkoba, penggunaan alkohol, kecelakaan bermotor, dan tindakan kejahatan.
·         Merokok menyebabkan sekitar 90% (atau 9 dari 10) dari semua kematian akibat kanker paru-paru pada pria dan wanita.
·         Sekitar 80% (atau 8 dari 10) kasus kematian akibat penyakit paru obstruktif kronik disebabkan oleh merokok.
·         Risiko kematian akibat merokok terus meningkat selama 50 tahun terakhir baik pada pria maupun wanita.
bahaya merokok bagi kesehatan tubuh
Lalu apa kaitan bahaya merokok bagi kesehatan tubuh kita, kaitannya ada pada zat yang terkandung di dalam rokok. Ada 4.000 komponen kimia yang ditemukan dalam rokok dan 250 diantaranya berbahaya bagi kesehatan manusia, menurut  Centers for Disease Control and Prevention US. Berikut ini kami jabarkan bahaya merokok bagi kesehatan tubuh yang mudah-mudahan dapat menambah semangat Anda untuk berhenti merokok.
1.      Meningkatkan risiko kanker perut, kanker darah dan kanker limfa, karena mengandung kadar 1,3-Butadine, yakni bahan kimia yang digunakan untuk memproduksi karet.
2.      Menghambat perbaikan DNA dan dapat merusak lapisan dalam paru-paru, karena mengandung AkroleinFormaldehida dan Kromium VI ( digunakan untuk membuat logam paduan, cat dan pewarna ) yang akhirnya bisa menyebabkan kanker paru-paru.
3.      Menyebabkan berbagai jenis penyakit kanker, karena rokok mengandung zat Arsenik yang digunakan untuk mengawetkan kayu.
4.      Menyebabkan leukemia karena rokok mengandung zat Benzene yang sebenarnya digunakan untuk memproduksi bahan kimia lainnya.
5.      Menganggu perbaikan DNA dan menyebabkan kerusakan ginjal serta lapisan pembuluh darah arteri, karena kandungan zat Kadmium yakni logam yang digunakan untuk membuat baterai.







Ø  kerugian merokok bagi lingkungan sosial :

Secara sosial, dampak dari pengaruh perokok ini sangat berdampak terutama padalingkungan remaja. Karena dengan adanya pengaruh dari berbagai media danpengaruh dari pandangan/sugesti masyarakat bahwa merokok itu adalah keren,maco. Tetapi mereka tidak menyadari bahaya yang sesungguhnya karenaketerbatasan ilmu yang dimiliki. menurut data Global outh Tobacco Surley, tiga dari siswa di indonesia yang berusia di bawah 17 tahun mencoba merokok. Sebanyak 90% memulainya dalam usia di bawah 17  tahun. Yang berdampak terutama pada anak kecil yang merupakan (bibit dari para perokok ini.karena dampak yang paling menonjol adalah berawal dari keluarga. )anyak anakyang mengikuti orang tuanya yang juga sebagai perokok. Dan itu menimbulkandampak yang berkelanjutan.Karena itu, kepedulian adalah kunci dari perubahan apa yang akan kita perbuatuntuk masa depan kita. kita masih peduli dengan sekitar kita..??
Ø  kerugian meroko di bidang ekonomi :
Merokok berdampak buruk juga bagi perekonomian keluarga. Jika seseorang mengeluarkan biaya untuk rokok rata-rata 20 ribu rupiah per hari dan memutuskan berhenti merokok, maka per bulan dapat diperoelh tambahan penghasilan sebesar 600 ribu rupiah.Tambahan penghasilan ini akan bertambah secara signifikan jika digabungkan dengan penghematan biaya berobat berbagai gangguan kesehatan akibat asap rokok.Menurut data Riset Kesehatan Dasar Nasional tahun 2007, 69 persen rumah tangga di Indonesia memiliki alokasi pengeluaran untuk rokok. Sebab, minimal satu anggota keluarga yang merokok.Sebanyak 85,4 persen perokok berusia di atas 10 tahun merokok di rumah bersama anggota keluarga lainnya. Data lain adalah 40,5 persen populasi Indonesia terpapar asap rokok di dalam rumah
3.      Bagaimana jika teman anda merokok ? apa yang anda lakukan terhadapnya
·       Menasehati dan melarangnya merokok karena merokok dapat menganggu kesehatan dan dapat merugikan diri sendiri
·       Bukan hanya mrugikan diri sendiri merokok juga merugikan orang lain
·       Ajak teman anda ke tempat yang sejuk
·       Dll
4.      Tindakan apa yang dapat anda lakukan untuk mengurangi kebiasaan merokok di masyarakat.
Zaman sekarang banyak masyarakat Indonesia mengonsumsi rokok hampir sebagai kebutuhan pokok mereka. Hal ini turut menjadi penyumbang bagi angka kematian sebesar 22,5% (akibat rokok) dari total kematian pertahunnya di Indonesia. Keadaan ini tentunya tidak boleh serta tidak dapat dibiarkan berlanjut secara terus menerus. Diperlukan upaya-upaya pintar untuk mencegah masyarakat merokok dan juga mengatasi para perokok. Menurut saya, upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah masyarakat merokok dan mengatasi para perokok yaitu dengan mengadakan sosialisasi tentang bahaya rokok, kenaikan harga jual rokok, serta pembuatan aturan tentang larangan penggunaan rokok.

Pengadaan sosialisasi tentang bahaya rokok dapat membantu perokok untuk berhenti serta mencegah masyarakat mengonsumsi rokok dengan menyadarkan mereka tentang berbagai aspek negatif dari penggunaan rokok itu sendiri. Aspek tersebut dapat berupa berbagai penyakit yang disebabkan oleh rokok, pengaruh rokok terhadap perokok pasif, serta berbagai dampak negatif lainnya. Penyakit-penyakit yang dapat disebabkan oleh rokok yaitu kanker paru-paru, kanker kandung kemih, impotensi, penyakit jantung, dan lain-lain. Selain itu, rokok juga berpengaruh buruk terhadap perokok pasif, karena asap dari rokok dapat menyebabkan penyakit asma, penyumbatan saluran pernafasan, dan lainnya bagi orang-orang yang ada disekitar si perokok. Dengan informasi ini, para pecandu rokok serta masyarakat lainnya diharapkan dapat memahami bahaya penggunaan rokok serta berpartisipasi untuk tidak mengonsumsi rokok kedepannya.

Kenaikan harga jual rokok juga dapat memengaruhi konsumen terutama para perokok untuk berhenti merokok. Dengan naiknya harga jual, masyarakat akan setidaknya berpikir dua kali untuk membeli rokok. Daripada membeli rokok, uang tersebut lebih baik digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari yang lebih penting atau mendesak. Dengan tingkat daya beli yang rendah, dengan jangka waktu tertentu, pecandu rokok tentunya akan mengurangi frekuensi pembelian rokok walaupun tidak secara langsung. Hal ini akan membuat para perokok berhenti mengonsumsi rokok secara perlahan.

5.      Pengaruh keadaan udara lingkungan yang tidak bersih, perilaku merokok dengan struktur dan fungsi sel menyusun jaringan pada organ pernafasan dengan penyakit serta kelainan yang terjadi pada saluran pernafasan
Pernapasan adalah proses di mana gas dipertukarkan antara tubuh dan udara luar. Paru-paru dan organ lain dari sistem pernapasan membawa oksigen ke dalam tubuh dan melepaskan karbon dioksida ke atmosfer.
Dimana oksigen masuk ke dalam darah? Sel darah merah seperti truk yang mengangkut kargo pada sistem jalan raya. Kargo mereka adalah oksigen, dan jalan raya adalah pembuluh darah. Di mana kargo sel-sel darah merah mereka mengambil oksigen? Jawabannya adalah paru-paru. Paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan. Sistem pernapasan adalah sistem tubuh yang membawa udara yang mengandung oksigen ke dalam tubuh dan melepaskan karbon dioksida ke atmosfer.
Pernapasan
Fungsi dari sistem pernapasan adalah pertukaran gas antara tubuh dan udara luar. Proses ini, disebut respirasi, sebenarnya terdiri dari dua bagian. Pada bagian pertama, oksigen di udara ditarik ke dalam tubuh dan karbon dioksida dilepaskan dari tubuh melalui saluran pernapasan. Pada bagian kedua, sistem peredaran darah memberikan oksigen ke sel-sel tubuh dan mengambil karbon dioksida dari sel-sel dalam kembali. Paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan.
Pada paru-paru di mana oksigen ditransfer dari sistem pernapasan dengan sistem peredaran darah. Fungsi sistem pernapasan lainnya:
·         memasok oksigen ke sel-sel dan menghilangkan karbon dioksida
·         mempertahankan tubuh terhadap invasi mikroorganisme
·         mengontrol pH darah tubuh
Pernapasan internal> pertukaran gas antara darah dan jaringan sel
Penggunaan kata “respirasi” dalam kaitannya dengan pertukaran gas berbeda dari penggunaannya respirasi dalam istilah seluler. Ingatlah bahwa respirasi sel adalah proses metabolisme di mana sel-sel memperoleh energi dengan “membakar” glukosa. Respirasi sel menggunakan oksigen dan melepaskan karbon dioksida. Respirasi oleh sistem pernapasan memasok oksigen dan mengambil karbon dioksida.
Tabel struktur dan fungsi organ sistem pernapasan manusia
Organ
Struktur
Fungsi
Rongga hidung
– Dilapisi dengan kapiler; menghangatkan udara sampai 37 ° C- mengeluarkan lendir; melembabkan dan menyaring udara
– Dilapisi dengan silia; menyaring kotoran di udara
– Menghangatkan, melembabkan dan menyaring udara yang masuk ke sistem pernapasan
Faring

– Jalur yang menghubungkan rongga hidung ke trakea
Epiglotis
– Flap kecil dari jaringan ikat
– Mencegah makanan tidak memasuki trakea saat menelan – mencegah udara masuk lambung saat bernapas di
Laring
– Terdiri dari tulang rawan – mengandung pita suara; dua lipatan sangat elastis
– Untuk menghasilkan suara untuk komunikasi
Trakea
– Tabung hampa dikelilingi oleh tulang rawan yang kuat, fleksibel berbentuk C – dilapisi dengan silia
– Dilapisi dengan sel yang mensekresi lendir
– Memungkinkan udara untuk melewati dari faring ke dalam paru-paru – cincin tulang rawan mencegah trakea tidak runtuh dan menyediakannya dengan dukungan
Paru-paru
– Terdiri dari bronkus, bronkiolus dan alveoli
– Organ utama dari sistem pernapasan
Bronkus
– Cabang dari trakea – tabung berongga dikelilingi oleh cincin tulang rawan
– Dilapisi dengan silia dan sel mensekresi lendir
– Untuk membawa udara ke paru-paru
Bronkiolus
– Cabang dari bronkus – bronkiolus besar mengeluarkan lendir dan dilapisi dengan silia
– Untuk mengurangi ukuran dan membawa udara ke alveoli
Alveoli
– kumpulan kantung udara kecil berongga; ujung bronkiolus terkecil – dikelilingi oleh jaringan luas kapiler
– Adalah situs pertukaran gas
Fakta menarik tentang sistem pernapasan
1. Pernapasan memungkinkan Anda untuk mengambil oksigen yang Anda butuhkan dan mengeluarkan limbah karbon dioksida. Tetapi ketika Anda menghembuskan napas, Anda juga bernapas dengan mengeluarkan banyak air. Berapa banyak air yang Anda hilangkan saat bernapas? Saat istirahat, manusia bernapas hingga 17,5 mililiter (0.59 ons cairan) air per jam, menurut sebuah artikel 2012 di jurnal Polandia Pneumonology and Allergology. Tapi Anda kehilangan sekitar empat kali jumlah yang sama ketika Anda berolahraga, kata studi tersebut.
2. Rata-rata waktu dewasa dapat menahan napas adalah antara 30 dan 60 detik. Keterbatasan ini lebih berkaitan dengan penumpukan karbon dioksida darah, yang disimpan tubuh Anda dalam protein otot yang disebut mioglobin. Tapi penyelam bebas – orang yang berlatih olahraga menyelam di bawah air tanpa menggunakan peralatan seperti peralatan selam – memiliki teknik yang berbeda, seperti hiperventilasi, untuk mengurangi konsentrasi karbon dioksida dalam darah, yang memungkinkan mereka untuk menahan nafas untuk waktu yang lama sangat. Denmark Stig Severinsen saat ini memegang Guinness World Record untuk menyelam bebas terpanjang – pada tahun 2010, ia menahan napas bawah air nya selama 22 menit.
3. Setiap paru-paru Anda mengandung sekitar 300 juta struktur seperti balon yang disebut alveoli, yang menggantikan limbah karbon-dioksida dalam darah dengan oksigen. Ketika struktur ini diisi dengan udara, paru-paru menjadi satu-satunya organ dalam tubuh manusia yang bisa mengapung di atas air. Bahkan, pemeriksa medis menggunakan apa yang disebut “tes mengambang paru” selama otopsi untuk menentukan apakah bayi mati sebelum lahir (meninggal di dalam rahim). Jika paru-paru mengapung, bayi lahir hidup; jika paru-paru tidak mengapung, bayi itu mati sebelum lahir. Metode ini akurat 98 persen, menurut sebuah studi dalam International Journal of Medicine Hukum 2013.
4. Pilek biasa adalah penyakit sistem respirasi yang paling lazim, dan mungkin penyakit yang paling umum dikenal saat ini. Ini penyebab utama mereka selalu menjadi rahasia saat menemui dokter, serta hari-hari tanpa jawaban saat anda membicarakannya disekolah, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Di Amerika Serikat saja, ada lebih dari 1 miliar kasus flu biasa setiap tahun. Pilek biasa sering dianggap identik dengan “rhinovirus,” virus yang paling sering menyebabkan jenis penyakit. Tapi sebenarnya ada lebih dari 200 virus yang dapat menyebabkan pilek, termasuk coronavirus manusia dan virus sinsitial saluran pernafasan.

5. Dalam sistem pernapasan mamalia, lembaran tipis dari jaringan yang disebut pleura membungkus di sekitar paru-paru dan saluran rongga dada. Daerah antara lapisan pleura dikenal sebagai ruang pleura, atau rongga pleura, dan berisi cairan pleura, yang menyediakan pelumasan saat paru-paru mengembang dan menysut. Tidak seperti semua mamalia lainnya, rongga pleura gajah diisi dengan jaringan ikat yang kuat. Struktur yang tidak biasa ini memungkinkan gajah untuk snorkeling (selam permukaan) dan menahan perbedaan tekanan di atas dan di bawah air, tanpa pecah pembuluh darah pada selaput paru-paru mereka, menurut sebuah artikel 2001 di jurnal Physiology Pernapasan.

No comments:

Post a Comment

NASKAH DRAMA BAHASA JAWA ANDE ANDE LUMUT

Naskah Drama Ande-Ande Lumut 1.  Tema   : Golek Garwa 2.  Cerita apa  : Ande-ande Lumut 3 .  Ceritane kaya piye   : Panji Asmar...